Viral Bule Termenung Terjaring Pemeriksaan Kendaraan di Padang, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Sumbar

Viral Bule Termenung Terjaring Pemeriksaan Kendaraan di Padang, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Sumbar

Seorang bule termenung di halaman Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar. [Tangkapan layar TikTok @im_king219]

Langgam.id - Viral video seorang warga negara asing atau bule sedang termenung di halaman Kantor Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatra Barat (Sumbar) di Kota Padang. Banyak netizen yang mengaitkan, bule ini baru saja ditilang pihak kepolisian.

Video berdurasi 14 detik itu diupload oleh akun TikTok @im_king219 dan telah ditonton sebanyak 1 miliar kali. Dalam video tersebut, sang bule laki-laki duduk persis di dekat tiang bendera.

Dengan mengenakan kaos oblong dan celana pendek, di dekat bule ini terdapat satu helm berwarna hitam. Sementara di sekitar luar pagar Kantor Ditlantas Polda Sumbar, terlihat sejumlah personel kepolisian sedang melakukan pemeriksaan bagi pengendara.

Dalam video, bule ini kemudian sempat dihampiri oleh seorang Polisi Wanita (Polwan) berhijab dan satu orang laki-laki. Tidak diketahui apa yang ditanyakan oleh Polwan tersebut.

Video bule ini telah disukai sebanyak 114.700 ribu pengguna TikTok dan sedikitnya ada 1.000 komentar pada postingan yang terkahir dilihat Langgam.id, Selasa (25/10/2022). Berbagai komentar ditulis netizen menangapi ekspresi bule yang termenung.

"Buat kakak atau abg ini, di Sitinurbaya, di sini rutin pemeriksaan kendaraan setiap hari," begitu narasi yang disematkan pemilik akun yang mengupload video.

"Ini serius bule di tilang? apakah turis hrus buat sim juga ketika berkendara di Indo?," tulis akun @afah iyah di kolom komentar mempertanyakan.

"Semoga tidak menyesal datang ke Konoha bro," timpal akun TikTok lain di kolom komentar video.

"Padahal dia cuman ngantar galon," canda netizen yang mengaitkan adanya becak motor bermuatan galon air di dalam video.

Menanggapi video itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya memberikan penjelasan. Menurut Hilman, warga negara asing itu sebelumnya terjaring dalam pemeriksaan kendaraan yang dilakukan anggotanya.

"Itu kalau tidak salah dua atau tiga minggu yang lalu. Jadi bule ini lewat mengendarai sepeda motor di depan kantor, waktu itu anggota memberhentikan pengendara yang tidak pakai helm, kaca spion dan lainnya," tutur Hilman saat dihubungi Langgam.id, Selasa (25/10/2022).

Hilman menyebutkan, setelah pemeriksaan ternyata warga negara asing ini tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional. Padahal, ini menjadi syarat wajib bagi turis berkendara di luar negara asalnya.

"Setelah pemeriksaan tidak memiliki SIM Internasional. Kalau warga negara asing kan memang wajib memiliki SIM Internasional yang diurus di negara asalnya," katanya.

Baca Juga: Bule Denmark Coba Puasa di Padang, Kunjungi Masjid Raya Sumbar hingga Bukber dengan Warga Lokal

Namun meskipun terjaring razia, Hilman menegaskan, warga negara asing yang ada di dalam video tidak ditilang. Pihak kepolisian hanya memberikan teguran lisan, sehingga yang bersangkutan kembali bisa melanjutkan perjalanan.

"Kami berikan arahan untuk bule ini, dan tidak kami tilang. Hanya kami tegur," tuturnya.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi