Usai Pertemuan di Jakarta, 20 Komisioner KPU di Sumbar Diminta Periksa ke RS

Kasus Baru Covid-19 di Sumbar

Ilustrasi - virus corona (Covid-19). (Gambar: Alexandra Koch/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 20 orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Sumatra Barat diinstruksikan memeriksakan kesehatan masing-masing secara mandiri ke rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada yang terkena virus corona (covid-19).

Demikian dikatakan Komisioner KPU Sumbar Izwaryani saat dihubungi Langgam.id, Sabtu (21/3/2020). Menurutnya, pemeriksaan kesehatan 20 orang itu dinilai perlu dilakukan menyusul salah seorang komisioner KPU di salah satu kota di Kalimantan Timur diduga mengalami sakit dengan gejala mirip corona.

Pasien dengan gejala virus corona itu, ikut pertemuan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) KPU RI beberapa waktu lalu bersama komisioner dari seluruh Indonesia di Jakarta.

Izwaryani mengatakan, dalam Bimtek di Jakarta itu Sumbar diwakili 20 orang. Mereka terdiri dari salah satu komisioner masing-masing 19 kabupaten kota ditambah satu dari KPU Sumbar.

"Mereka semua sudah dianjurkan memeriksakan diri secara mandiri ke rumah sakit terdekat bagi seluruh mereka yang pergi itu," katanya, Sabtu (21/3/2020).

Para komisioner tersebut, menurutnya, sudah ada yang melakukan pemeriksaan kesehatan. Apakah mereka masuk Orang Dalam Pantauan (ODP) atau tidak ia belum mengetahui lebih lanjut. "Kita yang penting juga berhati-hati dan antisipasi sekarang," ujarnya.

Selain itu menurutnya saat ini kantor KPU Sumbar juga sudah melakukan pengetatan pencegahan beberapa hari lalu, seperti memakai hand sanitizer bagi semua pegawai KPU. Kemudian juga ada yang memakasi masker sebagian.

"Memang belum menyeluruh, selain itu kita juga cek kehadiran dengan manual pakai alat tulis masing-masing, tidak seperti biasanya," katanya.

Saat ini pihaknya juga masih menunggu kebijakan selanjutnya dari KPU RI. Jika kondisi tambah parah, bisa saja menurutnya menganggu jadwal Pilkada. "Mudah-mudahan semua aman dan baik," ujarnya. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar