Tingkatkan Kedisiplinan, Satpol PP Razia ASN Mentawai yang Akan ke Padang

Tingkatkan Kedisiplinan, Satpol PP Razia ASN Mentawai yang Akan ke Padang

ilustrasi penumpang Kapal Mentawai Fast (Foto: Humas Pemkab Mentawai)

Langgam.id - Upaya meningkatkan kedisplinan di Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai, bupati meminta agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memeriksa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan berangkat ke Padang.

Pemeriksaan dan pengawasan itu akan rutin dilaksanakan Satpol PP atas perintah Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet.

Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Mentawai, Dul Sumarno menyebutkan, pemeriksaan akan dilakukan setiap keberangkatan kapal cepat Mentawai Fast. Setiap ASN akan diperiksa, agar tidak meninggalkan tugas tanpa izin dari atasan.

“Pemeriksaan ini sesuai perintah Bapak Bupati dalam rangka menertibkan ASN yang ke Padang, mereka (ASN) harus mengantongi izin atau ada Surat Perintah Tugasnya (SPT)," ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Sabtu (22/2).

Pemeriksaan atau razia rutin itu, kata Dul, sudah dimulai sejak pertengahan Januari 2020, dan akan terus diterapkan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Jadi, kata Dul, setiap ASN termasuk tenaga kontrak maupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga sekretaris daerah yang hendak keluar dari wilayah kerjanya harus diketahui oleh pimpinan.

Hal itu juga sudah disampaikan di masing-masing OPD dan kecamatan. “Awalnya, dengan adanya pemeriksaan tersebut, ada oknum yang komplain. Namun, sekarang sudah mulai tahu dan paham. Bahkan sekretaris daerah juga menunjukkan surat tugasnya setiap kali berangkat ke Padang,” jelasnya.

Menurut Dul, bagi ASN yang tidak memiliki surat izin atau SPT, akan dilaporkan ke kepala SKPD atau dicatat dengan keterangan tanpa izin dan akan dilaporkan ke Sekda.

"Tidak hanya itu, nanti kita juga akan melakukan penertiban di warung-warung. Setiap ASN yang keluar, harus ada izin," katanya. (*/ZE)

Tag:

Baca Juga

Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Soroti Maraknya Pelanggaran Netralitas ASN, Bawaslu Mesti Tegas
Serapan anggaran Pemko Padang baru mencapai angka 23 persen memasuki pertengahan tahun 2023. Sekda Padang, Andree Algamar meminta seluruh perangkat kerja daerah untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program pembangunan.
Kehadiran ASN Saat Apel Pagi Minim, Sekda Padang Berang
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Komisi II dan Pemerintah Sepakat RUU ASN Dibawa ke Paripurna, Guspardi Gaus: Konsep PPPK Diperluas
470 ASN di Agam Terima Satylencana
470 ASN di Agam Terima Satylencana
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Pemkab Limapuluh Kota Dapat Kuota 350 Formasi ASN 2023
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional
Bupati Tanah Datar Lantik 241 Pejabat dan Fungsional