Tim Peneliti dari Jepang Bahas Pengelolaan Sampah di Kota Padang

Langgam.id - Tim peneliti IGES-CCET dari Jepang membahas pengeloaan sampah bersama Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Tim peneliti dari Jepang membahas pengelolaan sampah bersama Wali Kota Padang, Hendri Septa. [Foto: Dok. Humas Pemko Padang]

Langgam.id - Tim peneliti Institute for Global Environmental Strategies and Centre Collaborating with UNEP on Environmental Technologies (IGES-CCET) dari Jepang membahas pengeloaan sampah bersama Wali Kota Padang, Hendri Septa.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, kedatangan tim peneliti dari IGES-CCET Jepang ini guna membahas tindak lanjut kerja sama Pemerintah Kota Padang dalam pengelolaan dan penanganan sampah.

"Ada tiga kelurahan yang dijadikan pilot project dalam riset IGES-CCET Jepang ini, yaitu Kelurahan Batu Gadang, Kelurahan Pasa Gadang, dan Kelurahan Parupuk Tabing," ujar Hendri dikutip dari rilis resmi Humas Pemko Padang, Sabtu (5/11/2022).

Dijelaskan Hendri, kerja sama ini salah satunya memberikan pengetahuan dalam pengelolaan sampah kepada masyarakat dan Pemerintah Kota Padang serta memberikan edukasi bagaimana memberdayakan Bank Sampah yang ada di Kota Padang.

"Jepang merupakan salah satu negara terbersih di dunia. Sampah-sampah di sana terkelola dengan rapi dan sistematis. Kita berharap hal itu dapat kita tiru di Kota Padang. Sehingga pengelolaan sampah di Kota Padang dapat dikelola dengan baik," ucapnya.

Baca juga: Buang Sampah Sembarangan, 4 Warga Kota Padang Disidang

Diketahui, tim peneliti dari Jepang tersebut, yaitu Miho Hayashi selaku Manajer Program Bidang Produksi dan Konsumsi Berkelanjutan dan Sudarmanto Budi Nugroho selaku Manajer Riset Bidang Satuan Tugas Kota.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh gelar rapat evaluasi penanganan sampah di Aula Ngalau lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/1/2024).
Kerja Sama dengan Padang Bakal Berakhir, Pemko Payakumbuh Cari Solusi Atasi Sampah
Pemprov Sumbar segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota untuk mencari solusi penanganan sampah di sejumlah kota/kabupaten pasca
TPA Payakumbuh Longsor, Pemprov Sumbar Segera Rapat dengan Kabupaten/Kota Cari Solusi
Ini Pendapat Walhi Sumbar Terkait Rencana Pembangunan RDF di Padang
Dampak Longsor di Payakumbuh, Sampah Bukittinggi Ditampung di TPA Air Dingin Padang
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang
Pabaruak, Film Terpilih Fesbul Bertemakan Kearifan Lokal Minangkabau Diputar di Kota Padang
Dampak Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerai KFC di Aceh dan Padang Paling Merugi
Dampak Boikot Produk Terafiliasi Israel, Gerai KFC di Aceh dan Padang Paling Merugi
Langgam.id-retribusi makam
4.800 Makam di Kota Padang Menunggak Retribusi