3 Daerah Belum Rampung Rekapitulasi, KPU Sumbar Pleno Rabu Depan

Indra Catri tersangka | Pilkada Sumbar 2020, KPU Sumbar

Kantor KPU Sumbar (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak 16 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatra Barat (Sumbar) sudah selesai melakukan rekapitulasi suara hasil Pemilu April 2019. Rencananya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar akan menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi pada Rabu (8/5/2019) mendatang.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Sumbar Izwaryani ketika dihubungi Langgam.id, Senin (6/5/2019). Menurutnya, tiga daerah yang belum selesai melakukan rekapitulasi suara hingga hari ini yaitu, Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Proses rekapitulasi di kecamatan tiga daerah itu belum selesai. Harusnya selesai hari ini. Bisa jadi nanti malam. Mereka terkendala karena kecamatannya belum selesai," katanya.

Izwaryani mengatakan, agenda rapat pleno KPU Sumbar pada Rabu mendatang adalah untuk akan menetapkan perolehan suara dan bukan menetapkan siapa pemenang Pemilu.

"Dari penetapan nanti sudah bisa dibaca. Tapi kami tidak menetapkan hasil, kami tidak menetapkan pemenang. Kami menetapkan perolehan suara saja. Si A dapat sekian, si B dapat sekian," katanya.

Penetapan calon terpilih sendiri dilakukan oleh KPU RI. Hal itu juga berdasarkan ada tidaknya gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). "Hasil Pemilu itu ditetapkan KPU RI. Kami hitung setelah itu siapa calon terpilihnya, nanti kami tetapkan calon terpilih yang untuk DPRD Sumatra Barat," katanya. (Rahmadi/RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
Temui Gubernur Bahas Pemilu 2024, KPU Sumbar Juga Minta Dihibahkan Tanah
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar fasilitasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024.
Temui Gubernur, KPU Sumbar Bahas Persiapan Pemilu Serentak 2024
gugatan MK
Ketua KPU Provinsi dan Sejumlah Komisioner di Sumbar Lolos Seleksi Awal ke KPU dan Bawaslu RI
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok