3 Daerah Belum Rampung Rekapitulasi, KPU Sumbar Pleno Rabu Depan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.

Kantor KPU Sumbar (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak 16 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatra Barat (Sumbar) sudah selesai melakukan rekapitulasi suara hasil Pemilu April 2019. Rencananya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar akan menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi pada Rabu (8/5/2019) mendatang.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Sumbar Izwaryani ketika dihubungi Langgam.id, Senin (6/5/2019). Menurutnya, tiga daerah yang belum selesai melakukan rekapitulasi suara hingga hari ini yaitu, Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Proses rekapitulasi di kecamatan tiga daerah itu belum selesai. Harusnya selesai hari ini. Bisa jadi nanti malam. Mereka terkendala karena kecamatannya belum selesai," katanya.

Izwaryani mengatakan, agenda rapat pleno KPU Sumbar pada Rabu mendatang adalah untuk akan menetapkan perolehan suara dan bukan menetapkan siapa pemenang Pemilu.

"Dari penetapan nanti sudah bisa dibaca. Tapi kami tidak menetapkan hasil, kami tidak menetapkan pemenang. Kami menetapkan perolehan suara saja. Si A dapat sekian, si B dapat sekian," katanya.

Penetapan calon terpilih sendiri dilakukan oleh KPU RI. Hal itu juga berdasarkan ada tidaknya gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). "Hasil Pemilu itu ditetapkan KPU RI. Kami hitung setelah itu siapa calon terpilihnya, nanti kami tetapkan calon terpilih yang untuk DPRD Sumatra Barat," katanya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
KPU Sumbar Putuskan Eks Napi Korupsi Irman Gusman Tak Bisa Berlaga di Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Sumbar, Publik Bisa Beri Masukan