Terlibat Curanmor, Kabur dan Melawan, Napi Asimilasi di Padang Ditembak Polisi

NAPI ASIMILASI

Napi Asimilasi berinisial DS (37) yang diamankan polisi (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang menangkap seorang pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) berinisial DS (37). Pelaku diketahui mantan narapidana yang baru bebas pada Maret 2020 karena mendapatkan asimilasi Covid-19.

Pelaku ditangkap di Simpang Cendana, Mata Air, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (16/9/2020) sekitar pukul 18.00 WIB. Dari penangkapan pelaku, disita satu unit sepeda motor Honda mereka Revo tanpa nomor polisi.

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir mengatakan, pelaku merupakan spesialis curanmor yang beraksi di Kota Padang. Pelaku juga telah empat kali keluar masuk Lembaga Permasyarakatan (LP) dalam kasus yang sama.

Baca Juga: Napi Asimilasi di Padang Kembali Ditangkap Usai Curi 2 Ponsel

Dijelaskan Imran, saat proses penangkapan, pelaku sedang mengendarai angkot dan berupaya kabur serta melawan petugas. Sehingga, pihaknya melakukan tindakan keras terukur dengan menembak kaki pelaku.

"Sempat kejar-kejaran. Sehingga dilakukan tindakan tegas dengan melumpuhkan pelaku, menembak kaki kirinya," ujar Imran kepada wartawan saat jumpa pers di Polresta Padang, Rabu (16/9/2020).

Menurut Imran, hasil pemeriksaan sementara, sejak bebas karena asimilasi, pelaku telah melancarkan aksinya (mencuri motor) sebanyak 2 kali di Kota Padang. Terakhir, pelaku mencuri motor 19 Juli 2020.

Selain itu, pelaku juga sering menjambret. Dari hasil interogasi, terdapat tiga lokasi penjambretan yang dilakoni pelaku, yaitu menjambret handphone dan dompet.

Baca Juga: 12 Napi Asimilasi karena Corona di Sumbar Kembali Ditangkap

"Kami cukup masif, anggota satreskrim dan jajaran polsek tidak hentinya melakukan penangkapan terhadap pelaku Curanmor dan Pencurian dengan Kekerasan (Curas), terutama jambret. Kami dari Polresta Padang tidak berhenti (mengejar), dimanapun pelaku sembunyi. Kalau melawan, kami berikan tindakan tegas," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Kerap Beraksi di Kampus UNP, Komplotan Pencuri Motor Ditangkap Polisi
Dugaan pungutan liar (pungli) terjadi di kawasan Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Viral Dugaan Pungli di Teluk Bayur, Pelaku Minta Uang Parkir Rp10 Ribu Tanpa Karcis
Polisi Tangkap Pemuda Diduga Lakukan Pemerasan di Pantai Padang
Polisi Tangkap Pemuda Diduga Lakukan Pemerasan di Pantai Padang
Seorang pria berinisial OF (21) ditangkap Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang atas laporan penggelapan satu unit motor.
Polisi Tangkap Pelaku Penggelapan Motor di Padang
Kabur selama lima bulan, pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berinisial MM (24) akhirnya berhasil diringkus Polres Sijunjung,
Kabur 5 Bulan Usai Beraksi, Pelaku Curanmor Akhirnya Diringkus Polres Sijunjung
Seorang tahanan berinisial RP, yang beberapa waktu lalu kabur dari Kantor Polresta Padang, akhirnya dapat diamankan kembali Polresta Padang.
Tahanan yang Kabur dari Polresta Padang Berhasil Ditangkap di Bekasi