Telkom Bakal Perluas Jaringan Bawah Laut ke Siberut, Pagai Utara dan Selatan Mentawai

Berita Mentawai - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Tak hanya di Sipora, Telkom juga akan memperluas jaringan bawah laut ke Siberut.

Ilustrasi. (Foto: Open Clipart-Vektors/pixabay.com)

Berita Mentawai - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Tak hanya di Sipora, Telkom juga akan memperluas jaringan bawah laut ke Siberut, Pagai Utara dan Selatan Mentawai.

Langgam.id - Usai membangun jaringan Fiber Optik (FO) bawah laut ke Mapaddegat, Telkomsel berencana memperluas jaringan ke Pulau Siberut, Pagai Utara dan Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

General Manager Telkom Witel Sumbar, Alfi Sumarta mengatakan, tahun 2021, Telkom telah mebangun jaringan bawah laut dari Padang ke Mapaddegat, Mentawai.

Lalu, kata Alfi, tahun ini dilanjutkan dari Mapaddegat, Sipora Utara ke Sioban, Sipora Selatan.

Setelah itu, lanjut Alfi, maka jaringan bawah laut yang telah sampai di Tuapejat itu juga akan diperluas ke Siberut.

"Itu bisa juga dengan cara me-lining secara radio IP ke atas Siberut," ujar Alfi melalui keterangan tertulisnya, Senin (7/2/2022).

Alfi mengaku, apa yang telah diupayakan demi jaringan telekomunkasi di Mentawai, pihaknya belum merasa puas, apalagi dorongan dari pemerintah juga besar.

"Kami juga melakukan branching atau meningkatkan kapasitas kabel laut bisa disambung juga untuk Kepulauan Siberut dan Pagai. Namun, itu butuh waktu, karena kita perlu mempelajari kontur dari Siberut dan Pagai," ungkapnya.

Alfi berharap, Telkom bisa menambah kapasitas yang terpasang menjadi 10 kali lipat dan bisa mengembangkan dunia pendidikan, pariwisata, aktivitas pemerintah, dan masyarakat di Kepulauan Mentawai.

Untuk jaringan bawah laut yang telah tersambung sepanjang 40 kilometer, sebut Alfi, telah menghabiskan anggaran senilai Rp5 miliar.

"Ini merupakan tahap awal," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Kepulauan Mentawai, Heri Robertus mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan provider yang akan bekerjasama dengan Mentawai.

Setelah ini, kata Heri, area blnk spot di Mentawai akan diberikan akses internet melalui jalur yang dilewati kabel fiber optik Telkom.

Tidak hanya itu, Heri menyebutkan, Menatwai juga membuka peluang bagi provider lain untuk mengisi area blank spot di Bumi Sikerei tersebut.

"Sudah kita bicarakan juga dengan Telkom. Kita akan coba juga buka peluang bagi provider lain, untuk membangun radio link atau radio IP untuk penyebaran informasi. Tahun ini, kita akan coba maksimalkan konsentrasi kita ke sana," ujarnya.

Baca juga: Jaringan Fiber Optik Bawah Laut di Mentawai Mulai Dimaksimalkan

Ditegaskan Heri, target Kominfo tahun 2022, yaitu memaksimalkan hubungan kerjasama yang harmonis, agar pengusaha ISP mau membuka peluang usaha di Mentawai dan persoalan area blank spot bisa teratasi.

Dapatkan update berita Mentawai – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai
Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat
Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat
Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Bakal Diresmikan Presiden, Gubernur Sumbar Tinjau Kesiapan Bandara Rokot Mentawai
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan
Selesai Dibangun, Bandara Baru di Mentawai Siap Dioperasikan Tahun Ini