Tak Dapat Undangan Memilih, Segera Lapor ke KPPS

Tak Dapat Undangan Memilih, Segera Lapor ke KPPS

Ilustrasi (Langgam.id)

Langgam.id - Masyarakat yang tidak mendapat undangan memilih untuk Pemilu 2019, segeralah meminta undangan memilih ke Kelompok Panitia pemungutan Suara (KPPS) di sekitar domisili pemilih tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Gebriel Daulay mengatakan, saat ini petugas KPPS sudah muali membagikan undangan formulir C6 kepada pemilih untuk datang ke TPS. "Kalau belum dapat, silahkan minta ke KPPS, minimal H-1 pemilihan," ujarnya kepada Langgam.id di ruangannya, Senin (15/04/2019).

Gebriel meminta, jangan hanya menunggu undangan dari petugas saja, masyarakat juga harus proaktif untuk menyambut pesta demokrasi ini.

"Formulir C6 akan diberikan KPPS kepada pemilih yang terdaftar di DPT. Tapi, jika tidak terdaftar di DPT, pemilih bisa gunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik," jelasnya.

Jadi, kata Gebriel, jika ada yang tidak mendapatkan formulir C6 dan juga tidak terdaftar di DPT, bisa menggunakan hak suaranya dengan KTP Elektronik.

Tidak hanya itu, Gebriel juga menghibau kepada masyarakat, agar datang ke TPS lebih cepat. "Silahkan datang lebih cepat untuk mendaftar ke TPS, waktunya pukul 07.00 WIB samapi 13.00 WIB. Kalau telat, tidak bisa lagi mendaftar," ucapnya.

Jika pemilih datang ke TPS lewat pukul 13.00 WIB, untuk registrasi sudah ditutup. "Kecuali mereka yang sudah mendaftar, lalu antri, itu tidak masalah. Registrasi juga butuh proses, jadi datanglah sesuai waktu yang ditentukan," ujarnya.

Sedangkan untuk pemilih yang menggunakan formulir C6 atau KTP Elektronik, jadwal pendaftarannya, pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
KPU Sumbar Putuskan Eks Napi Korupsi Irman Gusman Tak Bisa Berlaga di Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Sumbar, Publik Bisa Beri Masukan
Jelang Pemilu 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat telah merekapitulasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Ini 5 Kabupaten/Kota dengan Daftar Pemilih Tetap Terbanyak di Sumbar