Tahapan Pilkada Sumbar Kembali Dilanjutkan Hari Ini, Berikut Agendanya

gerindra tanah datar | kapolri pilkada | Calon Kepala Daerah Independen Sumbar | pilgub sumbar

Ilustrasi Pilkada Sumbar 2020. (Sumber: Pii)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) kembali melanjutkan tahapan Pilkada 2020 pada Senin (15/6/2020) hari ini. Sebelumnya tahapan Pilkada sempat berhenti beberapa bulan akibat pandemi virus corona atau covid-19.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, pihaknya telah menerima peraturan KPU tentang perubahan jadwal tahapan terkait kelanjutan Pilkada dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020. Peraturan berikutnya akan menyusul yaitu tentang cara pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi.

"Rencananya hari Rabu (17/6/2020) KPU akan rapat dengar pendapat dengan DPR RI. Setelah itu sinkronisasi, baru bisa dibagikan untuk PKPU pelaksanaan Pilkada di tengah Covid-19," katanya Senin (15/6/2020).

PKPU tentang pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi pada 9 Desember 2020 akan dijelaskan nantinya di sana. Paling lambat minggu depan PKPU tersebut sudah ada.

Sedangkan hari ini KPU Sumbar sudah mulai tahapan mengaktifkan kembali masa kerja panitia adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Mereka dilantik hari ini.

Kemudian dilanjutkan dengan bimingan teknis (bimtek), persiapan, dan lainnya. Semua prosedur tersebut sudah harus selesai sebelum tangga 24 Juni 2020.

Kemudian PPS  mulai tanggal 24 Juni akan dimulai verifikasi faktual ke rumah warga sampai tanggal 12 Juli 2020. PPS juga akan merekrut petugas baru jika di nagari tersebut terdapat banyak yang akan dilakukan verifikasi faktual.

"Sementara untuk melakukan verifikasi faktual ada satu orang calon independen untuk calon gubernur sumbar dan 8 untuk calon kepala daerah," katanya.

Sedangkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai direkrut mulai tanggal 24 Juni mendatang. Kemudian mereka mulai bekerja pada coklit tanggal 15 Juli 2020. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU