Tahapan Pilkada 2020 akan Kembali Dilanjutkan 15 Juni 2020

Fakhrizal-Genius Umar

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat akan melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mulai 15 Juni 2020. Sebelumnya tahapan Pilkada sempat dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: KPU Sumbar Targetkan Tahapan Pilkada Dilanjutkan Juni 2020

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, KPU RI sebelumnya berencana akan melanjutkan tahapan Pilkada pada 6 Juni berdasarkan rapat bersama DPR RI. Namun, hingga saat ini belum ada arahan secara resmi dari pusat.

Ia memperkirakan tahapan belum belum dilanjutkan pada 6 Juni 2020, karena PKPU belum selesai. Kemungkinan akan dilanjutkan pada 15 Juni 2020, karena pemungutan suara akan dilakukan pada 9 Desember 2020.

"Jadi paling lambat 15 Juni dalam perencanaan KPU, akan dimulai tahapan yang sempat tertunda," katanya Rabu (3/5/2020).

Tahapan yang akan dilanjutkan nantinya di antaranya mengaktifkan petugas PPK dan PPS. Setelah itu bimbingan teknis (Bimtek) untuk PPK dan PPS. Kemudian dilanjutkan dengan menurunkan berkas dan dibagikan ke seluruh petugas.

Baca juga: Pilkada 9 Desember 2020, KPU Sumbar: Disiapkan Skenario di Tengah Pandemi

Ia mengatakan tidak ada perubahan dalam sistem pelaksanaan Pilkada. Hal itu dijelaskan dalam Perppu, yang berubah hanya situasi pelaksanaan dan waktu saja. Saat ini semua dilakukan dalam suasana tidak normal akibat Covid-19.

"Suasana tidak normal dilakukan karena dilakukan sesuai standar protokol kesehatan," katanya. (Rahmadi/SRP)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar