Sudah Meresahkan, Warga Minta Polres Sijunjung Tertibkan Knalpot Racing dan Balap Liar

Sudah Meresahkan, Warga Minta Polres Sijunjung Tertibkan Knalpot Racing dan Balap Liar

Ilustrasi - knalpot bising sepeda motor. (Foto: Pexels/pixabay.com)

Langgam.id - Warga meminta Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung untuk menertibkan kendaraan yang menggunakan knalpot racing dan suka ikut balapan liar. Dua hal tersebut dinilai sudah meresahkan warga.

Permintaan kepada polisi ini muncul dari warga Nagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat saat berdialog dan bersilaturahmi dengan Kapolres Sijunjung dan jajaran, Kamis (12/1/2023) siang.

Selain mengganggu kenyamanan, penggunaan knalpot racing dan balapan liar dilaporkan membahayakan pengguna jalan.

Karena itu, masyarakat meminta polisi bertindak. Apa lagi, menurut warga, sebentar lagi akan masuk Bulan Suci Ramadan. Penertiban itu dinilai perlu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan beribadah masyarakat di Nagari.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi mengatakan akan segera melakukan tindakan dengan melibatkan tokoh masyarakat dan pemerintah Nagari.

“Hampir di setiap kami turun persoalan ini disampaikan masyarakat kepada polisi. Kami akan menertibkan dengan cara kami yang bisa mereka mengerti,” katanya, sebagaimana dirilis Polres Sijunjung di situs resmi Polri.

Namun, ia mengatakan, tetap butuh dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah nagari. “Jangan nanti kalau kami tindak, malah ada pembelaan dari masyarakat juga, minta dibebaskan, dikeluarkan dan sebagainya,” ujar kapolres.

Dialog dengan masyarakat tersebut merupakan bagian dari kegiatan Jumat Curhat. Menurut kapolres, program ini digelar untuk mengetahui persoalan yang ada di masyarakat.

Menurutnya, pertemuan dan langsung antara polisi dan masyarakat harus rutin digelar, khususnya di lingkungan Polres Sijunjung. Selain untuk menciptakan rasa tenang, kegiatan itu dinilai dapat menguji pelayanan polisi kepada masyarakat. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Jajaran Satreskrim Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung meringkus dua penjambret berinsial RH (25) dan AM (38).
2 Jambret yang Pernah Rampas Perhiasan Istri Polisi Diringkus Satreskrim Polres Sijunjung
pelaku-penyalahgunaan-pupuk-bersubsidi-di-sijunjung-diamankan-polisi
Pelaku Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi di Sijunjung Diamankan Polisi
Berita Sijunjung - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Warga Kupitan Sijunjung temukan mortir aktif di peekebunan, Rabu (1/6/2022).
Warga Kupitan Sijunjung Temukan Mortir Aktif di Lahan Perkebunan
Berita Sijunjung - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Upaya sopir ALS menyelamatkan penumpang dan memadamkan api sudah sesuai SOP.
Polisi Sebut Tindakan Sopir Bus ALS yang Terbakar di Sijunjung Sudah Sesuai SOP
Berita Sijunjung - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bus ALS Rute Medan-Jakarta dilaporkan terbakar di Sijunjung, Sumbar.
Penyebab Munculnya Api hingga Terbakarnya Bus ALS di Sijunjung
Cegah Ganggu Arus Mudik, Polisi Tertibkan 5 Lokasi Minta Sumbangan di Jalan Lintas Sumatra
Cegah Ganggu Arus Mudik, Polisi Tertibkan 5 Lokasi Minta Sumbangan di Jalan Lintas Sumatra