Sudah Meresahkan, Warga Minta Polres Sijunjung Tertibkan Knalpot Racing dan Balap Liar

Sudah Meresahkan, Warga Minta Polres Sijunjung Tertibkan Knalpot Racing dan Balap Liar

Ilustrasi - knalpot bising sepeda motor. (Foto: Pexels/pixabay.com)

Langgam.id - Warga meminta Kepolisian Resor (Polres) Sijunjung untuk menertibkan kendaraan yang menggunakan knalpot racing dan suka ikut balapan liar. Dua hal tersebut dinilai sudah meresahkan warga.

Permintaan kepada polisi ini muncul dari warga Nagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat saat berdialog dan bersilaturahmi dengan Kapolres Sijunjung dan jajaran, Kamis (12/1/2023) siang.

Selain mengganggu kenyamanan, penggunaan knalpot racing dan balapan liar dilaporkan membahayakan pengguna jalan.

Karena itu, masyarakat meminta polisi bertindak. Apa lagi, menurut warga, sebentar lagi akan masuk Bulan Suci Ramadan. Penertiban itu dinilai perlu untuk menjaga keamanan dan kenyamanan beribadah masyarakat di Nagari.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi mengatakan akan segera melakukan tindakan dengan melibatkan tokoh masyarakat dan pemerintah Nagari.

“Hampir di setiap kami turun persoalan ini disampaikan masyarakat kepada polisi. Kami akan menertibkan dengan cara kami yang bisa mereka mengerti,” katanya, sebagaimana dirilis Polres Sijunjung di situs resmi Polri.

Namun, ia mengatakan, tetap butuh dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah nagari. “Jangan nanti kalau kami tindak, malah ada pembelaan dari masyarakat juga, minta dibebaskan, dikeluarkan dan sebagainya,” ujar kapolres.

Dialog dengan masyarakat tersebut merupakan bagian dari kegiatan Jumat Curhat. Menurut kapolres, program ini digelar untuk mengetahui persoalan yang ada di masyarakat.

Menurutnya, pertemuan dan langsung antara polisi dan masyarakat harus rutin digelar, khususnya di lingkungan Polres Sijunjung. Selain untuk menciptakan rasa tenang, kegiatan itu dinilai dapat menguji pelayanan polisi kepada masyarakat. (*/SS)

Baca Juga

Satpol PP Padang menjaring sebanyak 12 unit sepeda motor serta tujuh orang pemiliknya yang melakukan aksi balap liar di kawasan Aia Pacah,
Bubarkan Aksi Balap Liar, Belasan Motor Diamankan Satpol PP Padang
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Tiga dari empat orang warga Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat berhasil kabur dari apartemen di Malaysia setelah menjadi korban TPPO.
4 Warga Sumbar Dijadikan PSK di Malaysia: Dipaksa Kirim Foto Pakai Bra, Berhasil Kabur dari Apartemen
Balap Liar di Kawasan Perkantoran Balai Kota, Satpol PP Padang Amankan Belasan Remaja
Balap Liar di Kawasan Perkantoran Balai Kota, Satpol PP Padang Amankan Belasan Remaja
Diduga telah menyelewengan dana desa tahun anggaran 2020/20210, seorang oknum wali nagari di Kecamatan Sumpur, Kabupaten Sijunjung,
Oknum Wali Nagari di Sijunjung Kembalikan Dana Desa yang Diselewengkan, Kasus Dihentikan
Kepala Badan Keuangan daan Aser Daerah (BKAD), Endi Nazir dilantik sebagai Penjabat Sekda Sijunjung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir
Bupati Sijunjung Lantik Endi Nazir Jadi Pj Sekda