Seorang Bayi di Sijunjung Diduga Meninggal Usai Minum Susu, Keluarga Mengadu ke Polisi

Ilustrasi (Pixabay)

Ilustrasi (Pixabay)

Langgam.id - Seorang bayi meninggal dunia diduga karena faktor diberikan susu formula sesaat setelah lahir. Atas kejadian ini, pihak keluarga yang tidak terima dan menganggap adanya unsur kelalaian salah satu tempat persalinan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sijunjung, Sumatra Barat (Sumbar).

Tempat persalinan praktek mandiri ini dikelola bidan bernama Erni Sumartides. Pihak keluarga membuat laporan pengaduan ke Polres Sijunjung pada 11 Juni 2020. Pengaduan itu teregistrasi dengan nomor STPLP/05/VI/2020 Res Sijunjung.

Menurut Kasat Reskrim Polres Sijunjung Iptu Fetrizal, peristiwa meninggalnya bayi tersebut terjadi dua bulan yang lalu atau pada 18 April 2020. Namun, laporan pengaduan baru dibuat beberapa hari yang lalu karena sebelumnya pihak keluarga beralasan masih trauma.

"Kalau dari laporan pengaduan yang dibuat, kata pelapor itu, dia bisa memberikan ASI kepada bayinya. Tapi oleh bidan dikasih susu formula," kata Fetrizal dihubungi langgam.id, (15/6/2020).

Ia mengungkapkan, dalam kasus ini pihaknya masih melakukan penyelidikan. Begitupun mempelajari standar operasional prosedur penanganan bayi setelah melahirkan, apakah betul adanya unsur pelanggaran.

"Tapi pada saat temuan dilakukan pemeriksaan medis ketika itu, memang ada cairan di paru-paru bayi kalau tidak salah" ujarnya.

Fetrizal mengatakan, bayi meninggal setelah dirujuk ke BMC Padang. Sebelumnya, penangan bayi sempat beberapa kali rujukan mulai dari RSUD Sijunjung hingga Rumah Sakit Bhayangkara Padang.

"Tapi kejadian sudah dua bulan lewat, dilaporkan baru. Dugaan sementara kasus ini malapraktik. Selasa atau Rabu minggu ini akan dipanggil terlapor atas nama Sumartides, kemarin sudah saya tandatangani," katanya.

Kasus ini baru sekadar laporan pengaduan, belum laporan polisi. Meskipun demikian, pihak kepolisian masih mencari dan melakukan penyelidikan atas dugaan kasus malapraktik tersebut. (Irwanda/ICA)

Tag:

Baca Juga

Membangun Sijunjung: Tantangan dan Harapan untuk Masa Depan
Membangun Sijunjung: Tantangan dan Harapan untuk Masa Depan
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Andre Rosiade: Partai Gerindra Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang Sijunjung 500 Paket Sembako
Diduga telah menyelewengan dana desa tahun anggaran 2020/20210, seorang oknum wali nagari di Kecamatan Sumpur, Kabupaten Sijunjung,
Oknum Wali Nagari di Sijunjung Kembalikan Dana Desa yang Diselewengkan, Kasus Dihentikan
Kepala Badan Keuangan daan Aser Daerah (BKAD), Endi Nazir dilantik sebagai Penjabat Sekda Sijunjung oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir
Bupati Sijunjung Lantik Endi Nazir Jadi Pj Sekda
Andre Rosiade Serap Aspirasi Wali Nagari di Kecamatan Kamang Baru Sijunjung
Andre Rosiade Serap Aspirasi Wali Nagari di Kecamatan Kamang Baru Sijunjung
Tradisi Marosok di Pasar Ternak Regional Palangki
Tradisi Marosok di Pasar Ternak Regional Palangki