Sempat Terhambat Longsor, Arus Kendaraan di Lembah Anai Sudah Lancar

Jalur Sicincin-Malalak Belum Bisa Dilewati, Target Pembersihan Longsor 2 Minggu

Ilustrasi - Alat berat untuk membersihkan material longsor (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Longsor terjadi di Cubadak Bungkuk, Silaiang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (14/6/2019) sekitar pukul 18.30 WIB. Akibatnya, arus kendaraan di Lembah Anai yang datang dari arah Padang menuju Bukittinggi sempat terganggu karena material longsor menutupi badan jalan.

Namun, hingga malam ini untuk arus kendaraan sudah dapat diatasi petugas Polres Padang Panjang dengan sistem buka tutup. Sebelumnya, kendaraan yang datang dari dua arah sempat mengular hingga satu kilometer.

"Lalu lintas sudah kembali lancar. Tadi memang ada material longsor seperti tanah dan kayu-kayu. Tapi tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja cepat," ujar Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Bazaliel Mendrofa saat dihubungi langgam.id

Bazaliel mengungkapkan pihaknya juga bekerja cepat dengan mengupayakan agar kepadatan kendaraan di titik lokasi tidak semakin padat. Sistem buka tutup pun diberlakukan.

"Kami segera mengatur lalu lintas agar tidak ada kemacetan. sempat buka tutup, tapi tidak sampai macet parah dan stagnan. Palingan kendaraan mengular sepanjang 1 KM tapi tetap jalan," kata dia.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur membenarkan longsor di Cubadak Bungkuk, Silayiang, Kota Padang Panjang tersebut. Dikatannya, material longsor telah dibersihkan dan arus kendaraan sudah kembali normal.

"Iya titik lokasi di dekat jembatan kembar sesudah Air Terjun Lembah Anai. Material tidak begitu banyak, sudah dapat diatasi BPBD setempat dan material longsor sudah dibersihkan," kata Rumainur. (Irwanda/HM)

Baca Juga

Satlantas Polres Padang Panjang melakukan simulasi uji coba ketahanan jembatan sementara di Jorong Air Mancur, Nagari Singgalang,
Penggantian Jembatan di Lembah Anai Dimulai Besok, Hari Ini Ada Simulasi Pengalihan Arus
Bagi masyarakat yang akan melewati Jalan Raya Padang-Padang Panjang, harus lebih berhati-hati. Hal ini dikarenakan akan ada kegiatan
Ada Penggantian Jembatan di Lembah Anai Mulai 10 Agustus, Gunakan Jalur Alternatif
Langgam.id - Walhi Sumbar menyorot rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk membangun plaza di kawasan Air Terjun Lembah Anai.
Walhi Sorot Wacana Pemprov Sumbar Bakal Bangun Plaza di Lembah Anai
Langgam.id - Walhi Sumbar menyorot rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk membangun plaza di kawasan Air Terjun Lembah Anai.
Pemprov Sumbar Bakal Tata Ulang Objek Wisata Lembah Anai Tanpa Kurangi Eksotisme dan Nostalgia
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu unit truk tersangkut di jembatan rel kereta api di kawasan Lembah Anai.
Satu Unit Truk Tersangkut di Jembatan Rel KA Lembah Anai
Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kemacetan panjang terjadi di kawasan Lembah Anai, Minggu (20/3/2022).
Macet Panjang di Lembah Anai, Diduga Akibat Keluar Masuk Kendaraan di Salah Satu Kafe