Sempat Dipelihara Warga, Binturong Berusia 15 Tahun Diserahkan ke BKSDA Sumbar

Sempat Dipelihara Warga, Binturong Berusia 15 Tahun Diserahkan ke BKSDA Sumbar

Binturong. [BKSDA Sumbar]

Langgam.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resort Tanah Datar menerima satwa dilindungi jenis Binturong dari Dinas Pemadam Kebakaran di Padang Panjang. Hewan dengan nama latin arctictis binturong itu sebelumny sempat dipelihara warga.

"Satwa tersebut merupakan hasil peliharaan warga yang kemudian diserahkan ke Anggota pemadam kebakaran Padang Panjang," kata BKSDA Sumbar dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Penyerahan itu dilakukan pada Rabu sore. BKSDA menyebut hewan itu sudah berusia sekitar 15 tahun.

"Binturong tersebut berjenis kelamin jantan diperkiran berumur kurang lebih 15 tahun dengan tinggi 1 meter dan berat sekitar 20 kg," lanjut BKSDA Sumbar.

BKSDA mengimbau agar warga yang memelihara satwa dilindungi segera menyerahkan ke pihak BKSDA. Hewan dilindungi juga tidak boleh diperjualbelikan karena melanggar undang-undang.

"Kepada masyarakat kiranya jangan membeli dan memelihara satwa liar dilindungi karena selain melanggar hukum juga akan kesulitan untuk direhabilitasi dikembalikan ke habitatnya," tulis BKSDA.

"Jangan juga mengangap hewan liar itu lucu ketika masih kecil namun akan kesulitan ketika telah menjadi besar dan sifat liarnya timbul. Selain itu satwa liar dapat juga menularkan penyakit kepada manusia atau sebaliknya," lanjutnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Tim WRU SKW I BKSDA Sumbar melakukan kegiatan penanganan konflik harimau sumatra di Jorong Terantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo
Harimau Sumatra Muncul di Ladang Sawit Warga Tigo Nagari Pasaman
Seekor satwa trenggiling ditemukan di halaman Pondok Pesantren Haji Miskin di Pandai Sikek, Kabupatan Tanah Datar pada Jumat (15/9/2023)
Ditemukan di Sebuah Ponpes di Tanah Datar, Trenggiling Dilepasliarkan di Palupuh
Tim WRU SKW II Batusangkar BKSDA Sumbar melakukan rescue satwa trenggiling. Satwa dilindungi ini diserahkan oleh masyarakat kepada Lembaga
Kondisi Baik Usai Ditemukan Warga, BKSDA Lepas Liarkan Trenggiling di TWA Gunung Marapi
Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi Nandang Priadi mengatakan, sistem pendakian booking online yang diterapkan di TWA
Sistem Pendakian Booking Online di TWA Gunung Marapi Jadi yang Pertama di Indonesia
BKSDA Sumbar kembali membuka pendakian ke Taman Wisata Aalam (TWA) Gunung Marapi. Kali ini pendaki bisa melakukan pendakian
Pendakian Kembali Dibuka Hari Ini, Begini Tata Cara Booking Online TWA Gunung Marapi
BKSDA Sumbar kembali membuka pendakian ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi pada 24 Juli 2023. kali ini pendaki bisa melakukan pendakian
Dibuka Kembali 24 Juli, Berikut Biaya Tiket PNBP dan SOP Pendakian TWA Gunung Marapi