Sebulan Jelang Pemilu, KPU Sumbar Finalisasi Surat Suara dan Logistik

pilkada

Ilustrasi kotak suara pemilu. (Pii/langgam.id)

Langgam.id - Kurang sebulan jelang Pemilu 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat, mematangkan persiapan. Saat ini KPU Sumbar dalam proses finalisasi terhadap kekurangan surat suara dan logistik pemilu di seluruh kabupaten kota di Sumbar.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata bersama TNI dan Polri, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Jumat, (22/3/2019), mengatakan dari semua proses sortir dan lipat surat suara yang dilakukan seluruh KPU kabupaten kota, ditemukan kekurangan atau kerusakan.

Menurutnya, dalam minggu ini seluruh KPU kabupaten kota harus menyampaikan semua kekurangan surat suara baik yang rusak atau kekurangan yang sesuai dengan ketentuan, kepada KPU Sumbar.

Sehingga pada minggu depan KPU Sumbar sudah bisa menindaklanjuti dengan berkoordinasi kepada perusahaan penyedia.

"Kemarin kita sudah komunikasikan, dan minggu depan mudah-mudahan sudah bisa ditindaklanjuti," katanya.

Amnasmen menjelaskan dari surat suara yang disortir dan dilipat seluruh kabupaten kota jenis surat yang rusak di antaranya, warna yang tidak jelas, robek atau warna surat suara tidak sesuai dengan warna partai politik.

"Kemudian juga ada tumpahan tinta sehingga tidak bisa kita pakai. Itu kita sortir dan juga kita laporkan kepada KPU RI," katanya.

Sedangkan alat kelengkapan lainnya menurut Amnasmen juga masih ada kekurangan, seperti kotak, bilik, dan surat suara. Semua kekurangan tersebut masih dalam proses melengkapi.

"Sesuai dengan proses tahapan yang kita lakukan itu tidak ada persoalan, kondisi hari memang kita melakukan rekapitulasi terhadap kekurangan logistik," ujarnya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar