Sebulan Jelang Pemilu, KPU Sumbar Finalisasi Surat Suara dan Logistik

pilkada

Ilustrasi kotak suara pemilu. (Pii/langgam.id)

Langgam.id - Kurang sebulan jelang Pemilu 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat, mematangkan persiapan. Saat ini KPU Sumbar dalam proses finalisasi terhadap kekurangan surat suara dan logistik pemilu di seluruh kabupaten kota di Sumbar.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata bersama TNI dan Polri, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Jumat, (22/3/2019), mengatakan dari semua proses sortir dan lipat surat suara yang dilakukan seluruh KPU kabupaten kota, ditemukan kekurangan atau kerusakan.

Menurutnya, dalam minggu ini seluruh KPU kabupaten kota harus menyampaikan semua kekurangan surat suara baik yang rusak atau kekurangan yang sesuai dengan ketentuan, kepada KPU Sumbar.

Sehingga pada minggu depan KPU Sumbar sudah bisa menindaklanjuti dengan berkoordinasi kepada perusahaan penyedia.

"Kemarin kita sudah komunikasikan, dan minggu depan mudah-mudahan sudah bisa ditindaklanjuti," katanya.

Amnasmen menjelaskan dari surat suara yang disortir dan dilipat seluruh kabupaten kota jenis surat yang rusak di antaranya, warna yang tidak jelas, robek atau warna surat suara tidak sesuai dengan warna partai politik.

"Kemudian juga ada tumpahan tinta sehingga tidak bisa kita pakai. Itu kita sortir dan juga kita laporkan kepada KPU RI," katanya.

Sedangkan alat kelengkapan lainnya menurut Amnasmen juga masih ada kekurangan, seperti kotak, bilik, dan surat suara. Semua kekurangan tersebut masih dalam proses melengkapi.

"Sesuai dengan proses tahapan yang kita lakukan itu tidak ada persoalan, kondisi hari memang kita melakukan rekapitulasi terhadap kekurangan logistik," ujarnya. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
KPU Sumbar Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp 154 Miliar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
Temui Gubernur Bahas Pemilu 2024, KPU Sumbar Juga Minta Dihibahkan Tanah
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar fasilitasi pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024.
Temui Gubernur, KPU Sumbar Bahas Persiapan Pemilu Serentak 2024
gugatan MK
Ketua KPU Provinsi dan Sejumlah Komisioner di Sumbar Lolos Seleksi Awal ke KPU dan Bawaslu RI
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Hadiri Pemakaman, KPU RI Apresiasi Kinerja Nova Indra Sebagai Penyelenggara Pemilu
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok
Komisioner KPU Sumbar Nova Indra Akan Dimakamkan di Solok