Santunan untuk Penyelenggara Pemilu yang Sakit dan Meninggal Dunia

Santunan untuk Penyelenggara Pemilu yang Sakit dan Meninggal Dunia

Amnasmen, Ketua KPU Sumbar saat diwawancarai di ruangannya (Foto: Rahmadi / Langgam.id)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat akan segera meberikan santunan bagi panitia penyelenggara Pamilu 2019 yang sakit ataupun meninggal dunia.

Ketua KPU Sumbar, Amnasmen menyebutkan, sudah ada instruksi dari KPU RI. "Kita sudah diminta untuk merekap datanya, KPU RI  meminta agar dibuatkan informasi mengenai kategorinya, sakit, cacat, yang sedang dirawat dirumah sakit atau meninggal dunia," ujarnya kepada Langgam.id, Selasa (30/04/2019).

Menurut Amnasmen, sudah ada form untuk mendata itu semua. "Kementerian Keuangan sudah setujui, kita akan mengumpulkan informasi jabatan, kronologis dan tanggal kejadian. Formnya juga sudah ada," jelasnya.

Hingga saat ini, data yang ada di KPU Sumbar, ada sekira 61 petugas yang sakit dan satu orang meninggal dunia. "Datanya terus bergerak, mungkin besok akan bertambah lagi. Hingga saat ini, baru itu data yang kita kumpulkan," ungkapnya.

Santunan yang akan diberikan, senilai Rp36 juta untuk meninggal dunia, dan akan diberikan kepada ahli waris. Sedangkan petugas yang sakit ataupun cacat, santunan itu diperkirakan Rp5 sampai Rp30 juta.

"Kita tahu, teman-teman di lapangan sudah bekerja keras untuk menyukseskan pemilu, hingga sebagian diantara mereka sakit dan ada juga yang meninggal dunia," ucapnya.

Terkait rekapitulasi suara, kata Amnasmen, tidak ada permasalahan. "Proses rekapitulasi masih berlangsung, tidak ada masalah. Saat ini, KPU masih menyelesaikan persoalan administrasi dan teknis," ujarnya. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU