Rombongan Perantau Minang dari Sidney Disambut di Pariaman

Rombongan Perantau Minang dari Sidney Disambut di Pariaman

Rombongan perantau Minang dari Sidney, Australia yang tergabung ke dalam Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Sidney mengunjungi Pariaman, Sabtu (17/12/2022). Sekdako Pariaman mewakili wali kota menyambut rombongan tersebut. (Foto: Dsikominfo Pariaman)

Langgam.id - Rombongan perantau Minang dari Sidney, Australia yang tergabung ke dalam Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Sidney mengunjungi Pariaman, Sabtu (17/12/2022). Sekdako Pariaman mewakili wali kota menyambut rombongan tersebut.

Asnizarti, ketua romongan dari Sidney mengatakan, kunjungan silaturahmi itu dalam rangka pulang basamo para perantau di Sidney.

Menurutnya, para peserta terdiri dari perantau minang yang telah puluhan tahun menetap di Sidney Australia dan telah mempunyai keluarga di sana.

"Maksud dan tujuan kami mengadakan pulang basamo ini adalah untuk memperkenalkan tanah kelahiran leluhur kami kepada anak-anak kami," katanya, sebagaimana dirilis Diskominfo di situs resmi Pemko.

Upaya tersebut, menurutnya, supaya generasi muda di sana juga mengetahui seperti apa Ranah Minang dan budayanya. "Sehingga, nantinya mereka juga bisa menyampaikan kepada anak cucu kami sebagai generasi penerus IKMS berikutnya. sekaligus memberikan bantuan kepada Anak Yatim Piatu yang ada di Panti Asuhan Aisyiah Pariaman," kata Asnizarti.

IKMS, menurutnya, merupakan wadah yang dibuat oleh perantau minang di Sidney yang bernama Surau Sidney, sebagai tempat untuk menjalin keakraban dan silaturahmi sesama muslim dan perantau Minang di sana.

"Semoga silaturahmi ini tetap terjaga dan ke depannya, mudah-mudahan terjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Pariaman dalam bidang pendidikan, untuk mengakrabkan anak-anak Kota Pariaman dengan anak-anak perantau Minang di Sidney," kata Asnizarti.

Sekda Kota Pariaman Yota Balad menyampaikan terima kasih kepada rombongan IKMS yang telah datang ke Kota Pariaman untuk menjalin tali silaturahmi dengan Pemerintah Kota Pariaman, serta memberikan bantuan kepada warga Kota Pariaman dan anak-anak Panti Asuhan Aisyiah Pariaman.

“Kami berharap, kegiatan seperti ini menjadi simbol bagi seluruh keluarga besar IKMS Sydney untuk terus menebar ras kepedulian terhadap sesama. Khususnya dunsanak-dunsanak kita yang berada di kampung halaman, sehingga ikut membantu meringankan beban Pemerintah Kota Pariaman dalam mengatasi berbagai masalah sosial di Kota Pariaman," kata Yota Balad.

Ia berharap, ke depan IKMS Sidney ikut berpatisipasi aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pemberdayaan perempuan di kampung halaman.

Rombongan dari Sidney disambut di Rumah Dinas Wali Kota Pariaman dengan diiringi kesenian tradisional gandang tasa dan tari pasambahan. (*/SS)

Baca Juga

Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Kadisnakertrans Sumbar, Nizam Ul Muluk mengatakan bahwa saat ini perantau Minang tidak lagi didominasi oleh laki-laki, namun perempuan.
Kadisnakertrans Sumbar: 94 Persen Pekerja Migran Minang Adalah Perempuan
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
IKPS Riau Dirikan Posko Kemanusian Galang Bantuan ke Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan
IKPS Riau Dirikan Posko Kemanusian Galang Bantuan ke Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan