PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara

PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara

KPU Padang Panjang terima surat suara untuk Pemilu 2024. (Foto: Diskominfo Padang Panjang)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat mulai mendistribusikan sebanyak 17.569 kotak suara dan 4.178.520 surat suara untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sumatra Barat pada 13 Juli mendatang.

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen mengumumkan, bahwa distribusi surat suara dan kotak suara PSU DPD telah dimulai dan akan dikirim ke sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar. Proses pengiriman kotak suara dimulai pada 1 Juli 2024, dengan estimasi waktu pengiriman selama 3-4 hari.

"Dari 17.569 kotak suara, pengiriman pertama sebanyak 11.950 kotak suara dikirimkan ke sembilan kabupaten dan kota di Sumbar. Sementara 5.619 kotak suara untuk 9 daerah lainnya akan menyusul," ujar Surya, dikutip dari Infopublik, Kamis (4/7/2024).

Ia merincikan bahwa untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai, 367 kotak suara telah dikirim menggunakan transportasi udara pada 2 Juli 2024. Selanjutnya, pengiriman menggunakan transportasi laut dilakukan pada 3-4 Juli 2024.

Sementara itu, pengiriman kotak suara ke 18 kabupaten dan kota lainnya dimulai pada 1-2 Juli 2024 menggunakan transportasi darat, dengan estimasi perjalanan selama empat hari. Diperkirakan, kotak suara akan tiba di kabupaten dan kota pada 5-6 Juli 2024.

Lebih lanjut, Surya Efitrimen menjelaskan bahwa surat suara dicetak di beberapa percetakan. Percetakan PT. Gramedia Cikarang mencetak 1.214.640 lembar, yang dimulai pada 28 Juni dan selesai pada 1 Juli 2024. PT. Intan Sejati Klaten mencetak 926.861 lembar, dan Macanan Jaya Klaten mencetak 2.037.019 lembar, yang dikirimkan secara bersamaan pada 4-5 Juli 2024 dan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Selanjutnya, surat suara didistribusikan ke kabupaten dan kota oleh penyedia pada 6-7 Juli 2024.

"Pengambilan surat suara oleh KPU kabupaten dan kota didampingi oleh personil kepolisian serta diawasi oleh Bawaslu kabupaten dan kota masing-masing," tambahnya.

Surya Efitrimen juga menyebutkan bahwa logistik lainnya seperti tinta, bilik, segel kertas, alat bantu coblos tuna netra, sampul biasa, sampul kubus, formulir A4, dan formulir plano sedang dalam proses dan akan selesai pada 4 Juli 2024.

"Distribusi ini dilakukan dengan ekspedisi terpisah menggunakan transportasi darat, dan diperkirakan sampai di Padang pada 8-9 Juli 2024," tutupnya. (*/Fs)

Baca Juga

Tingkat partisipasi pemilih di Kota Padang pada pemungutan suara ulang (PSU) anggota DPD Provinsi Sumatra Barat rendah.
Partisipasi Pemilih Pemungutan Suara Ulang DPD di Padang Hanya 31,1 Persen
Irman Gusman berhasil meraih suara terbanyak pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Anggota DPD RI di Kota Padang Panjang.
PSU DPD RI di Padang Panjang, Irman Gusman Raih Suara Terbanyak
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
Ketua Bawaslu Akui Partisipasi Pemilih PSU DPD RI di Sumbar Menurun
Ketua Bawaslu Akui Partisipasi Pemilih PSU DPD RI di Sumbar Menurun
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
PSU DPD RI, Partisipasi Pemilih di Tanah Datar Hanya Sekitar 30 Persen
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS
Didampingi Pj Wako Padang, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja Pantau PSU DPD di Sejumlah TPS