Polri dan TNI Apel Siaga Bencana dan Gelar Gotong Royong Bantu Warga di Pessel

Polri dan TNI Apel Siaga Bencana dan Gelar Gotong Royong Bantu Warga di Pessel

Salah satu gotong royong aparat polisi dan TNI di Pesisir Selatan. (Foto: Humas Polres Pessel)

Langgam.id - Aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar apel siaga bencana dan gotong royong membantu warga di Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (18/11/2022).

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Novianto Taryono di situs resmi Polres mengatakan, apel tersebut digelar Jumat pagi di halaman Mapolres. Setelah itu, aparat polisi dan TNI bergotong royong membantu warga di lokasi bencana banjir.

Gotong royong digelar di tiga lokasi dalam wilayah hukum Polsek IV Jurai, secara serentak. Lokasi pertama, di Kampung Laban, Nagari Salido. Kabag Ops Polres Pessel Kompol Alan Budikusuma Katanusa bersama personil polisi di lokasi ini membersihkan sampah dan rumput yang mengganggu sepanjang aliran selokan.

Kedua, di Kampung Barangan Nagari Malang Tareh Lumpo gotong royong dipimpin Kabag Sumda Polres Pessel Kompol Elisabet Dewi Rustika. Di sini, personil polisi membersihkan rumput, sampah dan tanah yang telah menutup saluran air sepanjang pinggir jalan.

Baca Juga: Polri Bersama TNI dan Pemda Apel Gabungan Siaga Bencana di Pasaman Barat

Lokasi ketiga di Kampung Sianik Nagari Sago Salido. Kabag Ren Kompol Suhendri Yatno yang mempimpin gotong royong bersama personil polisi juga membersihkan rumput, sampah dan tanah pada saluran air sepanjang pinggir jalan Nagari Sago Salido.

Kapolres saat mengecek ketiga lokasi, memberikan motivasi serta semangat kepada para personil TNI dan Polri yang sedang melaksanakan goro dalam rangka mengantisipasi bencana alam banjir kegiatan tersebut.

Menurutnya, ini bentuk implementasi program soliditas dan keharmonisan hubungan TNI dan Polri sebagai penegak hukum dan penjaga kedaulatan negara dapat berjalan dengan baik.

Kapolres berangkat juga mengunjungi Kecamatan Koto XI Tarusan untuk menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak banjir.

Kapolsek IV Jurai AKP Hardi Yasmar setelah berkoordinasi dengan tiga wali nagari mengatakan, gotong royong tersebut membantu masyarakat dalam penanganan bencana dan mengurangi potensi banjir di daerahnya.

"Kami juga menghimbau bersama kepada masyarakat agar waspada dan saling peduli dengan lingkungan, tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan yang akan mengakibatkan terjadinya banjir," tutur kapolsek. (*/SS)

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Reskrim Polsek Pancung, Polres Pesisir Selatan, menangkap seorang pria berinisial FAS (20) yang diduga sebagai pengedar narkotika jenis sabu
Diduga Jadi Pengedar Sabu, Pria di Pessel Dibekuk Polisi
Polres Pessel Masih Buru 3 Tersangka Persekusi, Kasat: Lebih Baik Serahkan Diri
Polres Pessel Masih Buru 3 Tersangka Persekusi, Kasat: Lebih Baik Serahkan Diri
Ilustrasi kekerasan seksual
Polres Pesisir Selatan Telah Tetapkan 3 Tersangka Kasus Persekusi 2 Perempuan
KPU RI secara resmi melantik 106 komisioner di 20 provinsi. Termasuk melantik lima komisioner KPU Provinsi Sumbar periode 2023-2028.
LBH Padang: 2 Orang yang Dipersekusi di Pessel Hanya Pengunjung Kafe
Siap Dampingi Korban, LBH Padang Sebut Persekusi di Pessel Sudah Pencabulan
Siap Dampingi Korban, LBH Padang Sebut Persekusi di Pessel Sudah Pencabulan
Polisi Tangkap Kemenakan yang Bacok Mamak Hingga Meninggal di Pesisir Selatan
Polisi Tangkap Kemenakan yang Bacok Mamak Hingga Meninggal di Pesisir Selatan