Polri Bersama TNI dan Pemda Apel Gabungan Siaga Bencana di Pasaman Barat

Polri Bersama TNI dan Pemda Apel Gabungan Siaga Bencana di Pasaman Barat

Pengecekan sarana dan prasarana usai apel gabungan siaga bencana di Pasaman Barat. (Foto: Humas Polres Pasaman Barat)

Langgam.id - Aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pemerintah daerah menggelar apel gabungan siaga bencana di Pasaman Barat (Pasbar), Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (18/11/2022).

Apel yang digelar di halaman Mapolres Pasaman Barat tersebut dipimpin Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto. Hadir dalam apel itu, Danramil 02/Simpang Empat Kapten Inf. Sumidi yang mewakili Dandim, Kasat Pol PP Pasaman Barat Hendri Wijaya serta Kepala Dinas Kesehatan Hajran Huda.

Kapolres mengatakan, apel tersebut untuk kesiapan dalam menghadapi tantangan bencana alam yang mungkin akan terjadi. Selain itu juga untuk membangun koordinasi dan komunikasi untuk kepentingan pelaksanaan tugas di lapangan.

“Polres dan instansi terkait harus bersinergi dalam upaya penanggulangan bencana alam di Kabupaten Pasaman Barat, supaya tidak ada korban jiwa,” kata kapolres, sebagaimana dirilis tribratanews di situs resmi Polri.

Ia juga meminta agar sosialisasi kesiapsiagaan bencana intens diberikan kepada masyarakat, terutama di wilayah rawan yang diperkirakan dan diwaspadai dapat terjadi bencana alam.

M. Aries berharap agar jajaran TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan instansi terkait bisa menyiapkan langkah antisipasi, baik taktis maupun teknis. Hal tersebut, menurutnya, untuk meminimalisasi dampak bencana yang akan terjadi.

Aparat polisi, menurutnya, disiagakan di Polres maupun Polsek agar cepat bergerak bila sewaktu-waktu ada bencana. Yang jadi perhatian, antara lain, Kecamatan Talamau yang sering terjadi longsor serta sejumlah wilayah lain yang rawan banjir dan angin kencang.

Ia meminta masyarakat segera melapor ke pihak kepolisian atau instansi terkait lainnya bila terjadi bencana alam melalui nomor telepon 110.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan sarana dan prasarana penanggulangan bencana. Antara lain, speed boat, perahu karet serta beberapa unit kendaraan ambulan yang selalu siap siaga apabila terjadi bencana alam. (*/SS)

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Koperasi, PSN, Konflik Agraria Air Bangis: Mereka yang Terhempas
Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto mendatangi warga pendemo dari Pigogah Patibubur, Nagari Air Bangis, di Masjid Raya Sumatra Barat,
Didatangi Wabup Pasbar, Warga Air Bangis Menolak Pulang Sebelum Ada Solusi
Masyarakat Air Bangis tetap melanjutkan aksi dan tuntutannya walaupun diguyur hujan lebat, Selasa (1/8/2023). Hujan mengguyur Kota Padang
BREAKING NEWS: Warga Air Bangis Lanjutkan Aksi Meski Diguyur Hujan Lebat
Masyarakat Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur, melayangkan delapan tuntutan
Ini Tuntutan Masyarakat Air Bangis Kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar
Bimtek di Pariaman: Perlu Jitu Pasna untuk Kesiapsiagaan Bencana
Bimtek di Pariaman: Perlu Jitu Pasna untuk Kesiapsiagaan Bencana
Korban Kapal Tenggelam di Pasaman Barat Ditemukan Sudah Meninggal
Korban Kapal Tenggelam di Pasaman Barat Ditemukan Sudah Meninggal