Perkembangan Terbaru Banjir Bandang Sumbar: Korban Meninggal Dunia Jadi 61 Orang

Pemkab Tanah Datar merilis data update terkini informasi sementara dampak bencana banjir bandang di kabupaten tersebut.

Sejumlah rumah warga yang diterjang banjir bandang di Tanah Datar. [foto: Kominfo Tanah Datar]

Langgam.id - Korban meninggal dunia dalam bencana banjir bandang yang melanda sejumlah daerah di Sumatra Barat mencapai 61 orang per Rabu (15/5/2024) malam.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar mencatat korban meninggal dunia kembali bertambah menjadi 61 orang. Jumlah itu berasal dari Kabupaten Agam 22 orang, Tanah Datar 24 orang, Padang Pariaman 11 orang, Kota Padang Panjang 2 orang, dan Kota Padang 2 orang.

Selain itu, terdapat 29 orang masih dalam pencarian, yakni 18 orang di Kabupaten Tanah Datar, 10 orang di Padang Pariaman, dan 1 orang di Kabupaten Agam.

BPBD Sumbar juga merinci warga yang mengungsi akibat bencana ini mencapai 2.902 orang di Tanah Datar dan Agam.

Bantuan terus mengalir dari berbagai pihak untuk meringankan beban masyarakat yang menjadi korban dalam bencana kali ini.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah meminta agar seluruh masyarakat terdampak bencana untuk tenang dan tak khawatir. Sebab, kehadiran pemerintah semata-mata untuk mendukung upaya pemulihan pascabencana, yang memang menjadi tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat yang tertimpa musibah.

"Tempat pengungsian adalah tempat yang aman. Segala kebutuhan ada di sini. Jika ada yang kurang, laporkan dan nanti akan dipenuhi. Tidak usah risaukan apa pun. Tenangkan pikiran. Jika ada rumah yang rusak atau hanyut, nanti pemerintah yang akan membangunkan. Kalau tidak punya tanah, nanti kita carikan tanahnya. Terpenting, pendataan harus dilakukan secepat mungkin. Sembari waktu pemulihan berjalan, pendataan juga harus dilakukan," ucapnya. (*/Fs)

Baca Juga

Pencarian Korban Banjir Bandang di Tanah Datar, PMI Kerahkan Hagglunds
Pencarian Korban Banjir Bandang di Tanah Datar, PMI Kerahkan Hagglunds
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Pengungsi Banjir Lahar Dingin di Agam Bertambah Menjadi 709 Orang
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Pencarian Korban Bencana Banjir Bandang Dilanjutkan, Bupati Tanah Datar Minta Keluarga Ikhlas
Pencarian Korban Bencana Banjir Bandang Dilanjutkan, Bupati Tanah Datar Minta Keluarga Ikhlas
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi
Gempa Bumi M3.7 Guncang Bukittinggi