Percepat Jarak Tempuh, Mentawai Fast Kini Layani Rute Antar Pulau

Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).

Kapal Mentawai Fast. [Foto: Dok. Mentawai Fast]

Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar). Sebelumnya, kapal tersebut hanya melayani rute Padang-Mentawai.

Direktur Mentawai Fast, William Iskandar mengatakan, untuk rute antar pulau, dijadwalkan beroperasi empat kali seminggu.

"Kapal ini berlayar pada rute Tuapejat-Siberut-Sikabaluan dan sebaliknya, setiap senin dan kamis. Jika sebelumnya, tarif antar pulau sekitar Rp50.000, kini lebih mahal," ujar William dikutip dari situs resmi milik Pemkab Mentawai, Selasa (29/11/2022).

Dijelaskan William, untuk tarif penumpang dewasa dari Tuapejat ke Sikabaluan Rp235.000, anak-anak Rp140.000.

Kemudian, tarif dewasa dari Tuapejat ke Siberut Rp125.000, anak-anak Rp75.000. Lalu, tarif dewasa dari Siberut ke Sikabaluan Rp110.000, anak-anak Rp65.000.

Selanjutnya, rute pulang pergi Tuapejat-Sikakap setiap selasa dan jumat, tarif dewasa Rp200.000, dan anak-anak Rp120.000.

"Batas berat bagasi penumpang maksimal 20 kilogram. Jika ada kelebihan, diberi kelonggaran, namun jangan sampai kebanyakan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya," ungkapnya.

Bartolomeus, seorang penumpang dari Desa Malancan kecamatan Siberut Utara mengaku bersyukur adanya kapal cepat yang melayani rute antar pulau tersebut.

Baca juga: Dampak Kenaikan Harga BBM, Tiket Mentawai Fast Jadi Rp280 Ribu

"Kita bersyukur dengan beroperasinya kapal mentawai fast antar pulau ini. Masyarakat yang ingin dirujuk ke RSUD bisa cepat sampai ke Tuapejat dan urusan penting juga bisa cepat akses ke Tuapejat," katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Langgam.id - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy tunggangi Jetski untuk antarkan bantuan senilai Rp12 miliar bagi guru di daerah 3T.
Pemprov Sumbar Salurkan Insentif untuk 400 Guru di Mentawai, Masing-masing Dapat Rp30 Juta
Langgam.id - Pemkab Kepulauan Mentawai meminta MV Mentawai Fast gratiskan membawa produk UMKM dan masyarakat yang sakit.
Pemkab Minta Mentawai Fast Gratiskan Bawa Produk UMKM dan Masyarakat yang Sakit
Langgam.id - Pj Bupati Mentawai melarang Organisasi Prangkat Daerah (OPD) di daerahnya menggelar pelatihan datau diklat di Kota Padang.
Pj Bupati Mentawai Larang OPD Gelar Pelatihan atau Diklat di Padang
Langgam.id - Tenda darurat yang digunakan untuk belajar sementara siswa SD 11 di Simalegi Mentawai ambruk diterjang angin kencang.
Bangunan Roboh Akibat Gempa, Kini Tenda Darurat Pelajar SD di Simalegi Ambruk Diterjang Angin Kencang
Langgam.id - PMKRI menggelar seminar nasional untuk membahas Undang-undang Nomor: 17 tahun 2022 di Mentawai, Minggu (30/10/2022).
PMKRI Gelar Seminar Menyoal UU Sumbar, Ini Kata Pj Bupati Mentawai