Pemko Sawahlunto Belajar Daur Ulang Sampah ke Bogor

Berita Sawahlunto - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Jajaran Pemko Sawahlunto sengaja ke Bogor untuk belajar daur ulang sampah.

Deri Asta pimpin jajaran Pemko Sawahlunto untuk belajar daur ulang sampah ke Bogor. (Foto: Dok. Humas Pemko Sawahlunto)

Berita Sawahlunto - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Jajaran Pemko Sawahlunto sengaja ke Bogor untuk belajar daur ulang sampah tersebut.

Langgam.id - Upaya mengurangi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir, Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto belajar pengelolaan atau daur ulang sampah ke Sentul City Recyle Center di Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Perumahan Kebersihan Pemukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto Adrius Putra mengatakan, kunjungan kerja dalam rangka belajar itu dipimpin langsung Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta.

"Kami juga mempelajari pemanfaatan sampah organik menjadi bahan bakar energi baru terbarukan dan pemilahan sampah terpadu, potensi itu ada untuk kita kembangkan di Sawahlunto," ujar Adrius melalui keterangan tertulisnya yang dikutip Langgam.id, Senin (31/1/2022).

Wali kota, kata Adrius, juga sudah meminta untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan pengurangan sampah dengan metode berbasis masyarakat, antara lain dengan bank sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R).

"Untuk Bank Sampah, itu sudah mulai kita efektifkan. Bahkan, juga sudah ada di sekolah dan pasar," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, soal kebijakan penanganan sampah di Sawahlunto didasari pada Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor: 40 tahun 2018 tentang Jakstrada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Tumah Tangga.

Lalu, juga dikuatkan dengan Perwako Nomor: 86 tahun 2019 tentang Pengendalian Penggunaan Plastik.

"Sengaja kita ke Bogor untuk belajar, terutama soal daur ulang sampah. Kita juga ingin pengelolaan sampah di Sawahlunto bisa dibantu APBN melalui DAK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujar Deri.

Baca juga: Wali Kota Sawahlunto Wajibkan OPD Belanjakan Anggaran di Awal Tahun, Terutama DAK

Apalagi, kata Deri, Sawahlunto sebagai kota wisata, sangat penting memiliki sistem pengelolaan sampah sesuai standar dan terpadu, sehingga menciptakan kebersihan dan kenyamanan bagi wisatawan.

Dapatkan update berita Sawahlunto – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemko Payakumbuh gelar rapat evaluasi penanganan sampah di Aula Ngalau lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/1/2024).
Kerja Sama dengan Padang Bakal Berakhir, Pemko Payakumbuh Cari Solusi Atasi Sampah
Pemprov Sumbar segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota untuk mencari solusi penanganan sampah di sejumlah kota/kabupaten pasca
TPA Payakumbuh Longsor, Pemprov Sumbar Segera Rapat dengan Kabupaten/Kota Cari Solusi
Ini Pendapat Walhi Sumbar Terkait Rencana Pembangunan RDF di Padang
Dampak Longsor di Payakumbuh, Sampah Bukittinggi Ditampung di TPA Air Dingin Padang
Penampilan Reog Ponorogo Subur Budoyo Memukau Penonton di Penutupan Galanggang Arang #6 Sawahlunto
Penampilan Reog Ponorogo Subur Budoyo Memukau Penonton di Penutupan Galanggang Arang #6 Sawahlunto
Pemetaan Potensi Desa Secara Partisipatif: Kajian Potensi Desa Batu Tanjung, Kota Sawahlunto
Pemetaan Potensi Desa Secara Partisipatif: Kajian Potensi Desa Batu Tanjung, Kota Sawahlunto
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: PT KAI Sumbar operasikan 26 perjalanan selama musim mudik lebaran tahun 2022.
Rayakan Ombilin sebagai Warisan Dunia, Galanggang Arang Dihelat di 7 Kabupaten Kota di Sumbar