Pemkab Agam Terima Bantuan Rp250 Juta dari BPK RI untuk Pemulihan Bencana

Pemkab Agam menerima bantuan dari BPK RI senilai Rp250 juta. Bantuan itu diberikan untuk pemulihan bencana di Kabupaten Agam

BPK RI menyerahkan bantuan untuk pemulihan bencana di Agam. [foto: amcnews.co.id]

Langgam.id - Pemkab Agam menerima bantuan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) senilai Rp250 juta. Bantuan itu diberikan untuk pemulihan bencana di Kabupaten Agam.

Bantuan itu diterima Sekda Agam, Edi Busti dari Kepala Sekretariat BPK RI Perwakilan Sumbar, Kurniawan Oetama di Aula Kantor Bupati Agam, Lubuk Basung, Kamis (20/6/2024).

Kurniawan mengatakan, bantuan ini berasal dari Korpri BPK RI serta dari unsur pimpinan dan pegawai BPK RI di seluruh Indonesia yang peduli terhadap bencana yang melanda Kabupaten Agam.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat Kabupaten Agam yang terdampak bencana,” ucap Kurniawan dilansir dari amcnews.co.id.

Sekda Agam, Edi Busti mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan dan ASN BPK RI atas bantuannya terhadap bencana alam yang terjadi di Kabupaten Agam.

Ia mengungkapkan bahwa Pemkab Agam akan menggunakan dana bantuan tersebut dengan tepat guna dan tepat sasaran.

Edi Busti menjelaskan bahwa Pemkab Agam terus berkolaborasi dengan BNPB, TNI, Polri, NGO, dan unsur terkait lainnya dalam upaya percepatan pemulihan pasca bencana.

“Upaya ini dilakukan dengan melakukan perbaikan di berbagai sektor, seperti infrastruktur, pertanian, normalisasi sungai, dan lainnya,” bebernya.

Edi Busti berharap, pemulihan pada masa transisi yang dijadwalkan hingga 31 Mei 2025 serta kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan, dapat diselesaikan dengan baik.

“Harapan kita beberapa kegiatan yang menjadi wewenang pemerintah pusat dapat segera terealisasi secepatnya," ujarnya.

Edi Busti mengharapkan dengan adanya bantuan ini, proses pemulihan di Kabupaten Agam dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Serta masyarakat yang terdampak dapat segera bangkit dan menjalani kehidupan dengan lebih baik. (*/yki)

Baca Juga

Pemkab Agam bersama sejumlah pihak bergerak cepat dengan beberapa langkah alternatif mencarikan solusi tempat tinggal bagi banjir bandang.
PT HM Sampoerna dan KKT Bangun Huntara untuk Korban Banjir Bandang di Batu Taba Agam
Bupati Agam, Andri Warman melantik dan menyerahkan Surat Keputusan tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
Lantik 597 PPPK, Bupati Agam Minta Pegawai Tingkatkan Kinerja
Sebanyak 13 mahasiswa yang terdampak bencana alam banjir bandang di Agam menerima beasiswa pendidikan dari Yayasan Minang Diaspora.
Minang Diaspora Serahkan Beasiswa Bagi 13 Mahasiswa Terdampak Bencana di Agam
Salah satu nominator penerima Penghargaan Kalpataru tahun 2024 berasal dari Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar). Ia adalah Febri Sugana
Pemkab Agam Usulkan Febri Sugana Sebagai Penerima Kalpataru 2024
Kepala Dinas Pertanian Agam, Arief Restu mengatakan, jelang Idul Fitri 1445 Hijriah, jumlah hewan yang akan dipotong di kabupaten 676 ekor
Pemkab Agam Prediksi Pemotongan Hewan Jelang Lebaran 676 Ekor
Sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) masih ditemukan kondisi di mana suatu tempat tidak tersentuh atau tercover sinyal blank spot
Ada 13 Titik Blank Spot di Agam, Terbanyak di Kecamatan Palupuah