Pelindo Pastikan Kesiapan 63 Terminal Penumpang Sambut Nataru

Langgam.id - Jelang arus mudik Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo siap berikan layanan untuk para penumpang di 63 terminal penumpang dan roro.

Terminal tersebut tersebar di seluruh Indonesia, mulai Regional 1 tersedia 11 terminal, Regional 2 tersedia 9 terminal, Regional 3 tersedia 21 terminal, dan Regional 4 tersedia 22 terminal. 

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI 4 Desember 2023 menjelaskan bahwa pada tahun 2022, Pelindo melayani lebih dari 1,6 juta penumpang yang menggunakan moda angkutan laut untuk mudik Nataru. Jumlah tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan hingga 1.9 juta penumpang di tahun ini. Menghadapi hal tersebut, Pelindo berkomitmen untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana terminal penumpang dalam mendukung kelancaran arus mudik Nataru 2023/2024. 

Dalam mengantisipasi prediksi meningkatnya jumlah penumpang, Pelindo melakukan penyiapan fasilitas, penambahan petugas operasional internal dan pengamanan dari TNI/Polri, peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan sosialisasi semua tarif pelayanan di terminal penumpang kepada publik. 

"Kami juga bersinergi dengan stakeholder kepelabuhanan dalam hal Posko Nataru 2023/2024. Pelindo bersama-sama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) dan Instansi Pemerintahan di sekitar pelabuhan lainnya melakukan pemantauan dan pengendalian arus penumpang, termasuk dalam pemeriksaan persyaratan perjalanan penumpang dan pemberian sarana informasi kepada penumpang." tambah Arif dikutip dari siaran resmi Pelindo, Jumat (8/12/2023).

Selain itu, untuk menyiapkan kelancaran arus mudik, Pelindo juga telah selesai melakukan renovasi perbaikan Terminal Penumpang Waingapu, Samarinda, Makassar dan Parepare sehingga dapat melayani penumpang lebih banyak dengan fasilitas yang lebih baik.  

GM Pelindo Regional 4 Parepare, Sardi, mengatakan sejumlah perbaikan dan penataan fasilitas telah dilakukan di Terminal Penumpang Parepare. Tempat duduk di ruang tunggu telah ditambah dari sebelumnya 60 set menjadi 185 set atau 740 kursi.

Selain itu, telah dilakukan perbaikan toilet sebanyak total 15 bilik toilet dan 8 unit urinoir. Petugas customer care di ruang informasi juga siap membantu para penumpang yang membutuhkan.   

Untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar selama periode mudik Nataru, Pelindo menyediakan fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang termasuk tenda untuk ruang tunggu tambahan jika terjadi lonjakan jumlah penumpang, mushola, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, call center, penambahan counter check-in hingga penambahan personil keamanan.  

“Sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan 24/7, para pejabat dan pekerja operasional pelabuhan tidak mengambil cuti ataupun meninggalkan tempat kerja, begitupun dengan pekerja back office yang melakukan piket selama periode Nataru,” tutup Arif. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Tim penilai kunjungan lapangan Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat mengunjungi Kota Payakumbuh pada
Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Sumbar Kunjungi Payakumbuh
4 Prodi UNAND Divitasi Akreditasi Internasional ASIIN
4 Prodi UNAND Divitasi Akreditasi Internasional ASIIN
Lima pelanggar peraturan daerah (perda) menjalani sidang tindak pidana ringan (tipiring) di Pengadilan Negeri Padang pada Kamis (22/2/2024)
Langgar Perda, 4 PKL dan 1 Pemilik Kafe Jalani Sidang Tipiring di PN Padang
Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh suara tertinggi sementara pada pemilihan legislatif (pileg) DPRD Padang daerah pemilihan (Dapil) 5.
7 Caleg yang Diprediksi Raih Kursi DPRD Padang Dapil 5, Ada dari Partai Ummat
Karantina Sumbar Periksa 108 Kg Sarang Burung Walet
Karantina Sumbar Periksa 108 Kg Sarang Burung Walet