Pasca Terbakar, Lawang Park Tutup Sementara

Pasca Terbakar, Lawang Park Tutup Sementara

Puing-puing bangunan yang terbakar di Lawang Park (ist)

Langgam.id - Sementara waktu, objek wisata Lawang Park di Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) ditutup untuk pengunjung. Penutupan ini akibat dari insiden kebakaran yang terjadi di kawasan tersebut pada Kamis (29/8/2019) dini hari.

Pengelola Lawang Park Zuhrizul Chaniago mengatakan, hingga kini, pihaknya masih melakukan pembersihan material kebakaran. Begitu pun koordinasi dengan PLN terkait sterilisasi aliran listrik di sekitar objek wisata.

“Terpaksa kami tutup sementara selama dua hari ke depan, untuk recovery. Karena selain sedang melakukan pembersihan material kebakaran, pihak PLN juga sedang melakukan pemeriksaan aliran listrik,” ujar Zuhrizul saat dihubungi langgam.id, Kamis (29/8/2019) siang.

Zuhrizul membenarkan beberapa bangunan terbakar di kawasan tersebut. Api diduga berasal dari salah satu kios yang terdapat di objek wisata. Namun, pihaknya tetap menunggu hasil penyelidikan dan pemeriksaan di lokasi kebakaran.

“Sumber api di kios kopi, informasi sementara itu ya. Tapi tetap kami tunggu diperiksa PLN dulu,” katanya.

Pengelola mengatakan, untuk saat ini, objek wisata Lawang Park tidak memiliki banyak permainan. Begitu pun untuk wisatawan yang datang tidak seberapa karena memang dibatasi. Namun tetap, wisata alam ini menjadi salah satu tujuan pariwisata.

“Kalau untuk jumlah kunjungan dalam satu bulan itu saya enggak hafal juga. Data lengkapnya ada sama anggota,” pungkasnya.

Seperti diketahui, kebakaran di objek wisata Lawang Parak menghanguskan kantor sekretariat, penginapan hingga empat kios pedagang yang berjualan di objek wisata Lawang Park tersebut. Setidaknya, tiga unit armada pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk menyibakkan api.

"Bangunan yang terdampak dari kebakaran itu saling berdekatan. Sumber api tidak kami ketahui. Saat kami datang setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran, api sudah membesar," ujar Kepada Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Agam, Kurniawan Syahputra.

Bangunan yang terbakar merupakan semi permanen. Petugas berjibaku memadamkan api hingga dua jam. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp400 juta. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023