Mulai 4 Mei 2020, RSUD Pariaman Beroperasi Jadi RS Khusus Covid-19

RSUD Pariaman Jadi RS Khusus Covid-19, Tenaga Medis Diinapkan di Hotel

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wali Kota Pariaman Genius Umar saat meninjau kesiapan RSUD Pariaman jadi RS khusus Covid-19. (Humas Pemko Pariaman)

Langgam.id- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) kembali menambah rumah sakit rujukan, untuk menangani pasien corona atau Covid-19. Kali ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman bakal jadi rumah sakit rujukan Covid-19.

"Insya Allah pada 4 Mei nanti, RSUD Pariaman akan beroperasi melayani pasien khusus Covid-19,"  ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat meninjau kesiapan RSUD Pariaman, Sabtu (25/04/2020).

Baca juga: Jadi RS Khusus Covid-19, Pemindahan Pasien dari RSUD Pariaman Dikoordinasikan

Irwan mengatakan, saat ini masih dalam proses pengerjaan sarana dan prasarana untuk menjadi RS khusus Covid-19. Sementara ini, kapasitas tempat tidur yang tersedia sebanyak 51.

Sedangkan, untuk tenaga medis dan tenaga perawat juga telah disiapkan dan didukung Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah. Sehingga bisa memaksimalkan kinerja penanganan Covid-19 di Sumbar.

"Dengan adanya rumah sakit khusus Covid-19 ini, diharapkan bisa lebih meringankan serta membantu pelaksanaan tugas petugas kesehatan kita," ujarnya.

Baca juga: Mulai Besok RSP Unand Siap Dioperasikan Untuk Pasien Covid-19

Irwan mengatakan, Pemprov Sumbar terus menyiapkan rumah sakit penanganan Covid-19, untuk menghadapi asumsi lonjakan pasien positif pada puncak penyebarannya yang diprediksi pada Mei 2020.

Ia mengapresiasi dukungan Wali Kota Pariaman Genius Umar terhadap kebijakan pemprov yang menjadikan RSUD Pariaman menjadi RS khusus Covid-19. Ia berharap Wali Kota Pariaman dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang fungsi RS khusus Covid-19 ini.

"Mesti disosialisasikan ke masyarakat, agar tidak ada lagi penolakan dari beberapa masyarakat, karena ketidaktahuan mereka akan fungsi dan manfaat RSUD Pariaman sebagai rumah sakit rujukan dimaksud," katanya. (Rahmadi/SRP)

Baca Juga

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman