Menuju Pilgub Sumbar, Fakhrizal-Genius Antar 336.657 KTP Dukungan ke KPU Sumbar

Bakal Calon Gubernur Jalur Independen Fakhrizal menyerahkan berkas dukungan ke KPU Sumbar

Bakal Calon Gubernur Jalur Independen Fakhrizal menyerahkan berkas dukungan ke KPU Sumbar. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dari jalur perseorangan atau independen, Fakhrizal-Genius Umar, mengantarkan syarat dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

Penyerahan syarat dukungan dihadiri langsung oleh Fakhrizal dan Genius ke Gedung Pramuka Sumbar, Padang, Rabu (19/2/2020) siang. Rombongannya diterima langsung oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen dan jajarannya.

Fakhrizal dan Genius datang diantar puluhan pendukung, termasuk puluhan anak muda. Tim mereka juga datang membawa satu truk canter berisi KTP dan berkas-berkas dukungan. Ratusan berkas dukungan disimpan dalam kotak yang disusun rapi di atas truk.

Fakhrizal dan Genius kompak datang mengenakan baju berwarna putih didampingi istri masing-masing. Saat turun dari mobil berwarna putih, mereka disambut oleh timnya dengan tarian pasambahan.

Selesai sambutan, keduanya mengisi buku tamu sebelum memasuki ruangan. Kemudian mereka melakukan penyerahan berkas yang diterima langsung oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen. Pasangan calon kemudian duduk di kursi yang telah disediakan. Petugas mulai bekerja memeriksa seluruh berkas-berkas.

Fakhrizal mengatakan bahwa timnya telah mengumpulkan sebanyak 336.657 KTP dari masyarakat. Jumlah tersebut sudah melebihi persyaratan yang hanya 316.00 KTP. Semuanya dikumpulkan selama 3 bulan.

"Bahkan sampai hari ini masih ada yang memberikan dukungan, berkasnya sudah diberikan kepada petugas KPU untuk diperiksa," katanya.

Dia mengatakan dukungan tersebar di seluruh kabupaten kota di Sumbar. Bahkan dari seluruh nagari, hanya tiga nagari saja yang tidak mendapat dukungan.

"Kita ada tim 30 orang untuk bekerja mengentri data ini, kalau dukungan banyak diserahkan langsung oleh masyarakat," katanya.

Sementara, Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan seluruh petugas KPU menerima seluruh berkas dukungan. Sebanyak 100 personil diturunkan dan diperkirakan pekerjaan bisa selesai dalam dua hari.

"Jadi nanti ada yang tidak ditandangani berkas misalnya maka tidak kita terima, tidak ada lampiran KTP nya tidak juga kita terima," katanya.

Seluruhnya akan dijumlahkan nantinya. Jika tidak mencukupi di angka 316.051 maka dukungan akan dikembalikan.

"Kita hitung semuanya hari ini, insyallah besok selesai," katanya.

Dia mengatakan hingga saat ini hanya satu calon yang mendaftar. Penutupan pendaftaran akan dilakukan besok, Kamis (19/2/2020). Setelah memenuhi syarat nantinya akan dilakukan verifikasi faktual pada bulan Maret mendatang. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar