Manfaat Mengkonsumsi Minyak Zaitun Secara Langsung

Manfaat Mengkonsumsi Minyak Zaitun Secara Langsung

Ilustrasi minyak zaitun (foto:pixabay.com)

Langgam.id - Minyak zaitun adalah salah satu sumber lemak paling sehat yang tersedia bagi kita. Faktanya, manfaat kesehatan seperti anti-inflamasi dan antioksidan, telah membuat banyak orang mengkonsumsinya dalam berbagai bentuk.

Sebagian besar digunakan saat memasak, ada juga yang percaya bahwa minyak zaitun harus dikonsumsi langsung untuk mendapatkan manfaat terbaik. Ada banyak alasan kuat yang menjadikan minyak zaitun salah satu minyak yang paling sehat dan kaya nutrisi.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan, sifat anti-inflamasi, kalsium, mineral seperti kalium, polifenol, squalene, dan asam terpenik, yang semuanya baik untuk kesehatan kita. Ini juga salah satu alasan mengapa minyak zaitun semakin banyak digunakan dalam memasak, kosmetik, dan media terapi tradisional lainnya.

Baca juga: Bisa Bikin Produktif, Berikut Manfaat Lain Ngemil

Cara mengonsumsi minyak zaitun secara langsung muncul dari kebiasaan beberapa daerah Mediterania, di mana orang sering minum hingga 1/4 cangkir, atau 60 ml minyak zaitun secara langsung, di pagi hari. Praktiknya mirip dengan cara banyak orang mengonsumsi minyak kelapa atau ghee secara langsung.

Menurut berbagai anekdot, mengonsumsi minyak zaitun sedemikian rupa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, dan menyembuhkan sakit perut. Namun, tidak ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung hal yang sama.

Begitu pula rasanya, yang bisa sangat pahit bagi seseorang yang tidak terbiasa dengan hal yang sama. Meski begitu, menurut banyak ahli, meminum minyak zaitun secara langsung menjamin manfaat kesehatan yang lebih baik daripada jika digunakan selama memasak.

Melansir dari Tempo.co,mengonsumsi minyak zaitun secara langsung dapat memberikan manfaat berikut:

1. Membantu Anda mendapatkan asupan lemak yang dibutuhkan
Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Faktanya, konsumsi langsung minyak zaitun sebenarnya bisa membantu Anda mendapatkan takaran lemak sehat yang dianjurkan.

2. Baik untuk meredakan sembelit
Manfaat lain dari mengonsumsi minyak zaitun secara langsung adalah untuk sistem pencernaan Anda. Dipercaya bahwa minyak zaitun adalah salah satu pereda alami terbaik untuk sembelit. Ini juga dapat bekerja sebagai pelunak tinja dan bekerja untuk mengatur pergerakan usus juga. Makanya, konsumsi harian dianjurkan.

Baca juga: Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Begadang Bagi Tubuh

3. Dapat mendukung kesehatan jantung yang baik
Tidak hanya mengandung jenis lemak baik (PUFA dan MUFA), tetapi juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan komplikasi jantung, dengan persentase yang besar bila dikonsumsi secara teratur. Ini juga terbukti bermanfaat jika menyeimbangkan penggunaan sumber lemak lain dalam makanan harian.

4. Dapat menurunkan berat badan
Mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung juga dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk dicoba oleh pengamat berat badan. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki misi untuk menurunkan berat badan dapat memperoleh manfaat dengan meminimalkan asupan lemak secara keseluruhan, merasa lebih kenyang dengan meminum minyak zaitun secara langsung daripada menambahkannya ke dalam makanan.

Selain itu, sumber lemak juga menjanjikan manfaat sebagai berikut:

- Menstabilkan kadar gula darah
- Membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan kepadatan tulang
- Menutrisi rambut dan kulit
- Membantu mengurangi peradangan
- Dapat bekerja sebagai pereda nyeri
- Baik untuk kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan
- Lebih sehat dari sumber lemak lainnya(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator