Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Begadang Bagi Tubuh

insomnia perempuan, manfaat begadang, tidur sahur

Insomnia (foto:pixabay.com)

Langgam.id - Selama ini, begadang dianggap sebagai aktivitas atau kebiasaan buruk. Namun, sebetulnya begadang tak selalu buruk. Ada manfaat dari tidur larut atau tidak tidur malam hari yang bisa kamu rasakan.

Meski tidak disarankan, bagi beberapa orang begadang tak bisa dihindari. Ada orang yang perlu begadang untuk belajar atau bekerja, ada pula yang melakukannya karena meyakini dirinya lebih bisa bekerja efektif pada jam “kalong”.

Apa pun alasannya, dilansir dari Tempo.co berikut ini adalah beberapa manfaat begadang yang mungkin belum kamu tahu:

Memiliki Tingkat Kecerdasan yang Lebih Tinggi
Ada sebuah studi di Amerika Serikat (AS) yang dipublikasikan di jurnal medis “Elsevier” yang menemukan bahwa mereka yang terbiasa begadang memiliki level IQ yang lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang tidur cepat.

Baca juga: Bangun Tidur Malah Terasa Capek, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Meski begitu, bukan berarti kebiasaan begadang dapat menaikkan tingkat kecerdasan. Tim peneliti dari studi tersebut juga menjelaskan orang-orang yang terbiasa begadang lebih mudah berdaptasi dengan nilai-nilai dan norma, serta berpikiran lebih terbuka, sehingga lebih mudah menerima ide-ide baru.

Tingkat Konsentrasi Lebih Baik pada Sore Hari
Orang yang sering begadang cenderung bisa bertahan untuk bekerja lembur pada sore dan malam hari. Ini dibandingkan dengan orang yang selalu tidur cepat pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya aktivitas otak, terutama di bagian korteks serebral, pada sore hari.

Lebih Relaks
Begadang malam umumnya dilakukan sendirian, tidak bersama-sama. Oleh sebab itu, begadang juga bisa menjadi sarana me-time yang dapat membantu melepaskan stres dan membuat seseorang merasa lebih relaks.

Memiliki Penalaran dan Kreativitas yang Lebih Baik
Siapa sangka, ternyata banyak tokoh besar yang punya kebiasaan begadang untuk bekerja. Sebut saja mantan presiden AS Barack Obama, mantan perdana menteri Inggris Winston Churchill, hingga musisi Elvis Presley. Para ahli mendalami hal tersebut dan menemukan bahwa orang yang sering begadang dan bangun lebih siang keesokan harinya memiliki karakter ekstrover, dengan kemampuan penalaran yang lebih baik.(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek