Bangun Tidur Malah Terasa Capek, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

bangun tidur

foto:pixabay.com

Langgam.id - Wajar jika kamu merasa sedikit pusing ketika bangun tidur. Pusing mungkin akan mereda dengan secangkir kopi atau teh. Namun, yang tidak normal adalah timbul perasaan capek dan mengantuk setelah bangun tidur.

Ada lima alasan kenapa kamu mungkin merasa lelah ketika bangun tidur. Mulai dari faktor makanan yang kamu makan sebelum tidur, hingga ritual mandi air panas setiap malam. Melansir laman Tempo.co, berikut ini 5 alasan tersebut.

1. Makan makanan pedas atau manis berdekatan dengan waktu tidur
Sebuah penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengatakan bahwa, makanan tinggi lemak jenuh dan gula dapat mengganggu kualitas tidur kamu. Kemudian, makanan pedas juga dapat menyebabkan refluks asam yang akan semakin buruk ketika kamu langsung tidur setelah makan.

Sebaiknya, pastikan anda makan maksimal 2 jam sebelum waktu tidur. Ini untuk menghindari naiknya asam lambung sehingga membuat kualitas tidur kamu terganggu.

2. Mandi air panas terlalu malam
Mulai sekarang, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi jika ingin mandi air panas sebelum tidur jika tak ingin merasa lelah keesokan hari. Ternyata, suhu tubuh kita secara alami menurun beberapa derajat sebelum kita tidur. Ini membuat kita menjadi relax dan mengantuk. Menaikkan suhu tubuh kamu dengan mandi air panas sebelum tidur akan membuat kamu merasa terjaga.

Baca juga: 4 Tips Membangun Karir Bagi Fresh Graduate

3. Mengecek media sosial di tempat tidur
Cahaya biru dari layar ponsel kamu dapat menipu otak untuk berpikir bahwa saat ini masih siang. Hal ini mengacaukan ritme sirkadian, yaitu siklus fisiologis yang menginformasikan jadwal untuk tidur.

Cobalah untuk membatasi penggunaan ponseldalam satu atau dua jam menjelang tidur. Dan sebaiknya gunakan jam alarm biasa daripada harus menggunakan alarm yang ada di ponsel kamu.

4. Terlalu banyak tidur saat akhir pekan
Usahakan untuk bangun dari tempat tidur terlepas dari apakah kamu bekerja atau tidak, agar waktu tidur dan bangun kamu tetap berjalan sesuai jadwal. (*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Langgam.id - Melakukan perjalanan baik bersama keluarga, teman, maupun pasangan selalu menjadi momen paling menyenangkan.
Ini Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Tingkatkan Keamanan Traveling
Anak sekolah mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup untuk .
Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak
Perhitungan waktu tidur
Perhitungan Waktu Tidur Ini Dapat Digunakan Agar Segar Ketika Bangun Pagi
mengatasi hidung tersumbat
Ini Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat
memanfaatkan digital marketing
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Content Writer dan Content Creator