Bisa Bikin Produktif, Berikut Manfaat Lain Ngemil

manfaat ngemil

Ilustrasi (pixabay.com)

Langgam.id - Siapa bilang jika Anda tidak boleh ngemil saat diet? Memang selama ini banyak orang yang menganggap bahwa ngemil adalah kebiasaan yang buruk dan bisa menyebabkan berat badan naik. Lalu bagaimana dengan camilan yang sehat, seperti buah-buahan atau makanan lain yang penuh serat namun rendah kalori?

Tentu saja ngemil makanan seperti itu termasuk dari bagian hidup sehat. Tapi taukah kamu bahwa ngemil justru harus dilakukan setiap hari, entah itu sedang diet atau tidak. Tidak percaya bahwa ngemil bisa membuat kamu sehat? Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan ngemil.

1. Mencegah perut keroncongan
Tahukah kamu bahwa pada dasarnya perut harus terisi setiap empat atau lima jam sekali? Sebab, ada atau tidaknya makanan di dalam perut, semua organ pencernaan kamu tetap. Sehingga jangan heran jika terdengar suara ‘keroncongan’ dari perut. Ituadalah tanda bahwa perut kamu sedang bekerja walaupun dalam keadaan kosong.

Kamu bisa mengakali perut yang keroncongan dengan mengonsumsi camilan. Kebiasaan ngemil akan membuat perut selalu terisi, sehingga tidak ada lagi bunyi perut yang keras akibat keroncongan. Kamu bisa memakan kudapan sehat pada waktu-waktu tertentu. Seperti waktu menjelang makan siang serta waktu setelah makan siang menjelang makan malam.

2. Menjaga gula darah stabil dan normal
Terkadang aktivitas yang berat dapat menguras energi serta gula dalam darah. Camilan mampu mampu menolong jika hal tersebut terjadi. Kebiasaan ngemil ini bahkan sangat membantu para penderita diabetes mellitus untuk menjaga gula darahnya tetap normal.

Penderita diabetes rentan mengalami gula darah yang naik turun dan hal tersebut cukup berbahaya untuk kesehatannya. Namun, bagi para penderita diabetes, pastikan dulu bahwa camilan yang kamu makan adalah camilan yang sehat dan sebaiknya konsultasikan hal ini ke ahli gizi dan dokter kamu.

Baca juga: Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Begadang Bagi Tubuh

3. Menekan nafsu makan
Kebiasaan ngemil dapat menghindarkan kamu dari makan yang berlebihan dan banyak. Ini karena camilan membuat perut kamu selalu terisi, sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut yang kosong pun berkurang.

Selain itu, ketika waktu makan datang, kamu masih terasa kenyang akibat sudah ada makanan yang masuk sebelumnya. Hal ini akan membuat kamu mengambil porsi makan sedikit dan makan dengan terkendali.

4. Tubuh mendapatkan berbagai macam zat gizi
Bila kamu makan camilan yang sehat maka akan akan lebih banyak zat gizi yang masuk dalam tubuhmu. Misalnya kmau menjadikan buah-buahan sebagai camilan, maka sekali makan buah saja kamu sudah mendapat beragam vitamin dan mineral. Oleh karena itu, sebaiknya jenis buah yang kamu makan bermacam-macam agar mendapatkan lebih banyak zat gizi dari camilan tersebut.

5. Tingkatkan konsentrasi dan produktivitas
Terkadang ngemil pun bisa membuat konsetrasi otak meningkat karena kadar glukosa yang diubah menjadi energi meningkat untuk disalurkan ke otak. Kondisi ini akan membuatmu mencegahmu merasa suntuk dan mudah lelah. Akibatnya produktivitasmu akan semakin meningkat.Jangan mengharamkan ngemil karena hal tersebut sama sekali tak salah kok! Asal jangan berlebihan saja.(*/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Sajian Spesial Bagi Penunggu Pasien di Ruang Rawat Inap VIP dan VVIP Semen Padang Hospital
Kurangi Penumpukan Pasien, SPH Berlakukan Registrasi Antrian Online
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek
Skrining Kesehatan, Cara Fakultas Keperawatan Unand Cegah Penyakit di Kamang Magek