Malam Ini Hingga Besok, Sejumlah Daerah di Sumbar Berpotensi Dikepung Hujan

Malam Ini Hingga Besok, Sejumlah Daerah di Sumbar Berpotensi Dikepung Hujan

Ilustrasi prakiraan cuaca. [Website BMKG]

Langgam.id - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih mengepung sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar) malam ini. Potensi serupa juga terpantau hingga esok hari, Senin (5/12/2022).

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi, Minggu (4/12/2022) malam, diperkirakan berawan dengan potensi hujan di beberapa kawasan. Terutama di kawasan Kepulauan Mentawai, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Bukitinggi, Padang Panjang, Sijunjung, Solok Selatan, Dharmasraya, dan sekitarnya.

Begitu juga Senin (5/12/2022) dan Selasa (6/12/2022). Pemberitahuan ini turut diiringi peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan prakiraan BMKG, suhu udara di Sumbar akan berkisar dari 16-30 celcius. Dengan kelembaban udara di angka 70-98%. Peringatan dini hujan juga dapat disertai petir dan kilat dari siang hingga malam hari.

Prakiraan cuaca Sumatera Barat 5 Desember 2022, pagi hari cerah berawan. Sementara siang-sore hari, berawan. Potensi hujan ringan-sedang terpantau di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman, Padang Pariaman, Padang, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Payakumbuh. Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Pasaman Barat, Agam, Limapuluh Kota, dan Sawahlunto.

Malam hari berawan dengan potensi hujan ringan-sedang di Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, dan Pariaman. Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Dharmasraya.

Prakiraan cuaca Sumatera Barat 6 Desember 2022, pagi hari berawan. Potensi hujan ringan-sedang di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, dan Padang Panjang.

Siang-Sore hari, berawan. Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Limapuluh Kota, Padang Panjang, Tanah datar, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Sijunjung, dan Dharmasraya.

Malam harinya berawan-hujan ringan. Potensi hujan sedang-lebat di wilayah Kepulauan Mentawai dan Pesisir Selatan.
Sedangkan untuk cuaca maritim, BMKG merilis mulai dari pukul 19.00 WIB hari ini, hingga pukul 07.00 WIB besok (5/12/2022), cuaca secara umum diperkirakan hujan ringan-sedang pada wilayah perairan Sumatera Barat.

Potensi gelombang dengan ketinggian lebih dari 1.00 meter berpotensi terjadi di wilayah Perairan Barat Kepulauan Mentawai hingga Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai.

BMKG menghimbau untuk memperhatikan risiko pelayaran. Khususnya untuk perahu nelayan, waspada terhadap gelombang lebih dari 1.26 m.

Sementara itu, prediksi Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), ketinggian air saat pasang akan berada 1.0 meter, pada pukul 04.00 WIB, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumbar untuk Jumat dan Sabtu Ini

Untuk potensi gelombang, diperkirakan akan berada di ketinggian 0.10 - 1.00 meter. Berpotensi terjadi di wilayah Perairan Barat Sumatera Barat, dan Perairan Timur Kepulauan Mentawai. (Dharma Harisa)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kala Musik Minang Memikat Warganet Indonesia
Kala Musik Minang Memikat Warganet Indonesia
Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Panyalaian Libatkan 9 Kendaraan, 3 Orang Meninggal
Kecelakaan Beruntun di Panyalaian Libatkan 9 Kendaraan, 3 Orang Meninggal
Langgam.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Oktober 2022.
Menag Usulkan Biaya Haji Naik, Jokowi: Belum Final Sudah Ribut
Banjir
Banjir dan Longsor di Kabupaten Padang Pariaman: 43 Titik, 2 Orang Meninggal