Majelis Hakim Perintahkan Jaksa Hadirkan Mahyeldi di Sidang Dugaan Korupsi KONI Padang

Langgam.id - Kasus dugaan korupsi di KONI Kota Padang terus bergulir. Kali ini, Majelis Hakim minta Mahyeldi Ansharullah dihadirkan.

Ilustrasi. [Foto: Dok. canva.com]

Langgam.id - Kasus dugaan korupsi di Komite Olahraga Nasional Indonsia (KONI) Kota Padang terus bergulir. Kali ini, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Padang memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menghadirkan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah.

Perintah pemanggilan Mahyeldi itu dikarenakan terdakwa sering menyebut nama mantan Ketua PSP sekaligus mantan Wali Kota Padang itu. Perintah tersebut disampaikan oleh salah satu hakim anggota, Hendri Joni.

"Saksi sering sebut-sebut nama Pak Mahyeldi. Jaksa, apa bisa Pak Mahyeldi ini dihadirkan," ujar Hendri Joni kepada JPU Kejari Padang, Therry Gutama, Senin (8/8/2022) malam.

Therry yang juga selaku Kasi Pidsus Kejari Padang juga mengiyakan dan menuruti perintah majelis untuk menghadirkan yang bersangkutan (Mahyeldi) pada sidang berikutnya. "Bisa yang mulia, setelah adanya ketetapan dari majelis hakim," ucap Therry.

Sebelum perintah pemanggilan Mahyeldi, sidang yang di ketuai oleh Juandra itu telah memeriksa tiga orang saksi untuk dimintai keterangannya.

Ketiga orang saksi yaitu Edo Wardana (Mantan Wakil Sekretaris KONI Padang), Robby Malvinas (Mantan Wakil Bendahara KONI dan Sekretaris Tim PSP Padang) serta Kenedy (Mantan Bendahara Umum KONI Padang).

Kepada majelis hakim, Robby Malvinas bersaksi dan mengakui adanya bantuan Rp500 juta untuk klub sepakbola PSP Padang dalam anggaran KONI Padang tahun 2019 yang tidak ada nomenklaturnya.

"Ada juga proposal bantuan dana dari PSP yang ditujukan ke Pemko Padang pada tahun 2018 untuk anggaran tahun 2019. Proposal itu ditandatangani Ketua Umum PSP, Pak Mahyeldi dan Sekretaris Editiawarman," ujar Robby.

Menyikapi keterangan saksi, Yohannas selaku Penasehat Hukum (PH) terdakwa Agus Suardi dan Nazar kembali memperlihatkan bukti chatting WhatsApp antara Agus Suardi dengan Mahyeldi dan Agus Suardi dengan Kepala BPKAD, Andri Yulika terkait uang Rp 500 juta itu.

Diketahui, dalam kasus dugaan korupsi ini, Kejari telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni Agus Suardi yang saat itu menjabat Ketua Umum KONI Padang periode 2015-2019 sekaligus bendahara umum PSP. Agus Suardi juga merupakan mantan Ketua Umum KONI Sumbar.

Baca juga: Disebut dalam Dugaan Korupsi KONI Padang, Mahyeldi: Kata Orang Media Saja

Dua tersangka lainnya, yaitu Nazar dan Davidson. Diketahui keduanya juga merupakan mantan pengurus KONI Padang. Dalam penyelidikan itu, Kejari menemukan kerugian negara Rp3 miliar lebih.

Ikuti berita Kota Padang – berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memberikan pernyataan soal kesiapan untuk menampung Rohingnya
Mahyeldi Tegaskan Tak Pernah Nyatakan Siap Tampung Pengungsi Rohingya di Sumbar
Sambut Presiden, Gubernur Sumbar Akan Laporkan Progres Tol, PSN dan Flyover Sitinjau Lauik
Sambut Presiden, Gubernur Sumbar Akan Laporkan Progres Tol, PSN dan Flyover Sitinjau Lauik
Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT Unand) menerima mahasiswa baru angkatan pertama untuk Program Studi Sarjana Arsitektur tahun ini.
Korupsi Diduga Jadi Biang Gagalnya Pembayaran Dana Kemahasiswaan Unand 2022
Sehari Pasca Pemulangan Paksa Warga Air Bangis dari Masjid Raya, Anies Baswedan dan Mahyeldi Ikuti Tabligh Akbar di Masjid yang Sama
Sehari Pasca Pemulangan Paksa Warga Air Bangis dari Masjid Raya, Anies Baswedan dan Mahyeldi Ikuti Tabligh Akbar di Masjid yang Sama
Elite Politik vs Masyarakat Air Bangis
Elite Politik vs Masyarakat Air Bangis
Gubernur Sumbar Dikawal Polresta Padang Saat Temui Warga Air Bangis Usai Subuh di Masjid Raya
Gubernur Sumbar Dikawal Polresta Padang Saat Temui Warga Air Bangis Usai Subuh di Masjid Raya