KPU Sumbar Tunggu Perbaikan Dukungan Fakhrizal-Genius Sesuai Jadwal

Fakhrizal-Genius Umar

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) tetap akan menutup pendaftaran perbaikan syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar, sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Hari ini, Senin (27/7/2020), merupakan hari terakhir yang dibuka oleh KPU Sumbar untuk melakukan perbaikan verifikasi faktual dukungan. Penyerahan syarat perbaikan dukungan itu telah dibuka sejak Sabtu (25/7/2020).

Pasangan Fakhrizal-Genius Umar sendiri telah menggelar jumpa pers pada Senin (27/7/2020) sore. Dia mengumumkan tidak akan menggunakan waktu perbaikan yang diberikan oleh KPU Sumbar.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani menyampaikan, hingga saat ini memang tim Fakhrizal-Genius Umar belum mengantarkan berkas dukungan perbaikan ke KPU Sumbar.

Jika ada pengumuman lewat jumpa pers tidak akan menyerahkan dukungan, itu belum pernyataan resmi dari tim tersebut. Kecuali ada pernyataan tertulis yang diantarkan ke KPU Sumbar.

"Kalau sudah diantarkan dalam bentuk pernyataan tertulis, maka KPU akan menutup penerimaan syarat dukungan perbaikan. Kami tetap akan menunggu hingga batas akhir pukul 24.00 WIB," katanya, Senin (27/7/2020).

Menurutnya, KPU Sumbar tidak mempunyai niat untuk menggagalkan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju melalui jalur independen. Jika ada niat untuk itu, tentu ada perintah kepada jajaran.

"Tapi hal itu tidak ada, kami sudah melakukan semua proses sesuai mekanisme yang ada," katanya.

Dia mengatakan, sejak awal Fakhrizal-Genius Umar berniat mencalon lewat jalur independen, KPU Sumbar sudah kaget. Sebab, maju lewat jalur independen di Sumbar sangat berat karena harus mengumpulkan dukungan 316.051 suara.

Ia mencontohkan di provinsi lain hanya di Kalimantan Utara dan dukungan yang harus dipenuhi hanya 48 ribu. "Tapi di Sumbar tetap kami layani. Jika tak menyerahkan dukungan, sejauh ini kita anggap tidak ada penyataan seperti itu. Nanti statusnya batal menyerahkan dukungan," ujarnya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU