KPU Sumbar Sebut Fakhrizal-Genius Lewati Syarat Dukungan Calon Independen

fakhrizal pilgub sumbar

Bakal calon pasangan gubernur dan wakil gubernur Sumbar Fakhrizal-Genius Umar. (Istimewa)

Langgam.id - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dari jalur perseorangan atau independen, Fakhrizal-Genius Umar, telah melakukan submit dukungan masyarakat ke Silon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

Hal ini dibenarkan Komisioner KPU Sumbar Izwaryani. Menurutnya, dukungan untuk pasangan itu telah melewati syarat minimal yang ditetapkan, yakni 336.657 dukungan dengan sebaran 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar.

"Tim mereka telah melakukan submit ulang di tanggal 15 Februari, bertambah dari sebelumnya 330.493 dukungan," katanya, Selasa (18/2/2020).

Dukungan final dari angka tersebut, sudah disubmit atau dikunci. Pasangan calon ini tinggal datang kantor KPU Sumbar. Informasinya, tim Fakhrizal akan submit ulang pada Rabu (19/2/2020) pagi.

Hingga saat ini, baru satu pasangan calon independen yang lengkap dukungan dan sudah mengisi Silon. Namun ada 1 pasangan baru yang juga menyerahkan mandat dan mengambil Silon pada Senin (10/2/2020), yakni Syamsu Jalal-Aldi Taher.

"Jadi baru satu, yang Syamsu Jalal-Aldi Taher belum ada konfirmasi sampai sekarang," katanya.

Dia mengatakan pendaftaran dilakukan dari tanggal 16 sampai 20 Februari. Jika tidak ada konfirmasi dari pihak Syamsu Jalal-Aldi Taher hingga penutupan, maka peserta independen calon gubernur hanya ada satu orang.

KPU juga sudah menyiapkan 100 personil untuk menerima pendaftaran calon independen. Nantinya akan ada surat pernyataan dukungan yang akan dihitung secara manual oleh petugas.

"Tadi kita sudah coaching, semua petuga siap menerima pendaftaran calon," ujarnya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar