KPU Sumbar Mulai Terima Perbaikan Syarat Dukungan Pasangan Perseorangan Hari Ini

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani. (Foto: Rahmadi)

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) mulai membuka tahapan penerimaan syarat dukungan perbaikan bakal pasangan calon perseorangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar.

Posko penerimaan syarat dukungan perbaikan dilakukan KPU Sumbar di Hotel Pangeran, Kota Padang selama 3 hari dimulai hari ini Sabtu (25/7/2020) sampai Senin (27/7/2020) pukul 24:00 WIB.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan pihaknya sudah bersiap  menunggu perbaikan dari tim bakal calon perseorangan Fakhrizal-Genius Umar pada setiap hari kerja. Tim bakal pasangan calon bisa datang saat jam kerja setiap harinya.

"Kita buka setiap hari pada jam kerja, kalau pada hari terakhir Senin mendatang kita akan menunggu sampai pukul 00:00 WIB," katanya.

KPU Sumbar juga langsung menyiapkan kekuatan 200 orang personil verifikasi administrasi. Petugas nantinya juga bakal menambah personil. Petugas tersebut bersiaga jika tim bakal pasangan calon datang, maka akan langsung dilakukan verifikasi administrasi.

"Kita bersiap menerima surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung, kemudian berkas rekap daftar nama-nama pendukung," katanya.

Ia mengatakan tim bakal pasangan calon harus memberikan perbaikan minimal sebanyak 371.586 dukungan. Angka tersebut sesuai aturan, dikali dua dari kekurangan yang ditetapkan dalam rekapitulasi KPU Sumbar sebelumnya yaitu 185.793 dukungan.

"Sesuai aturan kalau kurang dari jumlah itu maka KPU Sumbar tidak akan menerima, kalau cukup akan kita hitung dan cek kelengkapan syarat dukungannya, kalau tidak cukup maka langsung kita kembalikan," katanya.

KPU Sumbar menurutnya masih boleh menerima pendukung yang termasuk tidak memenuhi syarat (TMS) pada verifikasi faktual sebelumnya, namun hanya TMS yang tergolong tidak ditemukan.

Hingga saat ini ia belum mendapatkan informasi apakah tim bakal pasangan calon akan datang atau tidak. Ia berharap tim bakal pasangan calon datang lebih awal, agar bagi yang berkasnya tidak lengkap dapat segera diperbaiki sebelum tanggal 27 Juli.

Jika perbaikan memenuhi syarat maka KPU Sumbar akan melakukan verifikasi administrasi. Kalau lolos administarasi maka dilanjutkan dengan verifikasi faktual kembali.

Selain tingkat provinsi, perbaikan verifikasi faktual juga dilakukan di tingkat kabupaten kota saat ini untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota, bupati dan wakil bupati. (Rahmadi/HF)

Baca Juga

PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan