KPU Sumbar Minta Anggota KPPS Berasal dari ASN

KPU Sumbar Minta Anggota KPPS Berasal dari ASN

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 di Gubernuran Sumbar (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat minta anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Amnasmen, Ketua KPU Sumbar menyebutkan, Pemilu 2019 jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumbar mencapai 16 ribu lebih. “Jadi, kita akan rekrut KPPS, kita sudah sampaikan ke Gubernur, untuk anggota KPPS itu dari ASN,” ujarnya usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 di Aula Gubernuran Sumbar, Rabu (20/02/2019).

Anggota KPPS dari kalangan ASN, kata Amnasmen, untuk mempermudah proses administrasi dan teknis nantinya.

Selain itu, kata Amnasmen, pengamanan, KPU Sumbar sudah koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Pengamanan (linmas), sebagian sudah direkrut oleh KPU Kabupaten/Kota. Namun, hingga saat ini, kita masih kekurangan dan kita sudah petakan itu,” ungkapnya.

Terkait kekurangan tenaga linmas, KPU Sumbar sudah koordinasikan dengan masing-masing kepala daerah. “Sudah kita koordinasikan, Maret ini semuanya (linmas-red) sudah selesai perekrutan,” jelas Amnasmen.

Selain itu, Amnasmen mengakui, kendala yang dihadapi saat ini, KPU kekurangan gudang. “Gudang tidak hanya untuk tempat logistik. Tapi juga untuk penyortiran, pelipatan, dan pengepakan surat suara. Sedangkan hingga saat ini sebagian besar kota dan kabupaten tidak memiliki gudang yang cukup,” ujarnya.

Gudang juga akan dimanfaatkan pasca pemilu nanti. “Di pusat kecamatan, kita juga membutuhkan gudang nantinya. Kita butuh tempat yang respentatif, itu sudah kita sampaikan juga ke Gubernur,” ungkap Amnasmen.

Dia berharap, rapat koordinasi yang diselengarakan dapat mengkolaborasikan pemahaman dan persepsi semua pihak untuk menghadapi persoalan-persoalan yang muncul ke depan. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Soroti Maraknya Pelanggaran Netralitas ASN, Bawaslu Mesti Tegas
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
KPU Sumbar Putuskan Eks Napi Korupsi Irman Gusman Tak Bisa Berlaga di Pemilu 2024
Serapan anggaran Pemko Padang baru mencapai angka 23 persen memasuki pertengahan tahun 2023. Sekda Padang, Andree Algamar meminta seluruh perangkat kerja daerah untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program pembangunan.
Kehadiran ASN Saat Apel Pagi Minim, Sekda Padang Berang