KPU Sumbar Minta Anggota KPPS Berasal dari ASN

KPU Sumbar Minta Anggota KPPS Berasal dari ASN

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 di Gubernuran Sumbar (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat minta anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Amnasmen, Ketua KPU Sumbar menyebutkan, Pemilu 2019 jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumbar mencapai 16 ribu lebih. “Jadi, kita akan rekrut KPPS, kita sudah sampaikan ke Gubernur, untuk anggota KPPS itu dari ASN,” ujarnya usai Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2019 di Aula Gubernuran Sumbar, Rabu (20/02/2019).

Anggota KPPS dari kalangan ASN, kata Amnasmen, untuk mempermudah proses administrasi dan teknis nantinya.

Selain itu, kata Amnasmen, pengamanan, KPU Sumbar sudah koordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Pengamanan (linmas), sebagian sudah direkrut oleh KPU Kabupaten/Kota. Namun, hingga saat ini, kita masih kekurangan dan kita sudah petakan itu,” ungkapnya.

Terkait kekurangan tenaga linmas, KPU Sumbar sudah koordinasikan dengan masing-masing kepala daerah. “Sudah kita koordinasikan, Maret ini semuanya (linmas-red) sudah selesai perekrutan,” jelas Amnasmen.

Selain itu, Amnasmen mengakui, kendala yang dihadapi saat ini, KPU kekurangan gudang. “Gudang tidak hanya untuk tempat logistik. Tapi juga untuk penyortiran, pelipatan, dan pengepakan surat suara. Sedangkan hingga saat ini sebagian besar kota dan kabupaten tidak memiliki gudang yang cukup,” ujarnya.

Gudang juga akan dimanfaatkan pasca pemilu nanti. “Di pusat kecamatan, kita juga membutuhkan gudang nantinya. Kita butuh tempat yang respentatif, itu sudah kita sampaikan juga ke Gubernur,” ungkap Amnasmen.

Dia berharap, rapat koordinasi yang diselengarakan dapat mengkolaborasikan pemahaman dan persepsi semua pihak untuk menghadapi persoalan-persoalan yang muncul ke depan. (Rahmadi/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Sutan Riska, NU Ormas Islam yang menganut jalan tengah dan lurus.
ASN di Dharmasraya Diperintahkan Aktif Sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten
Langgam.id - Melalui berbagai program, Bank Nagari mengajak pensiuanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sawahlunto untuk tetap produktif.
Bank Nagari Tawarkan Dukungan untuk Pensiunan ASN di Sawahlunto Buka Usaha
Langgam.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengeklaim bahwa ia berhasil mengubah pola pikir ASN di daerah yang ia pimpin.
Eka Putra Klaim Pola Pikir ASN Tanah Datar Lebih Baik Sejak Ia Memimpin
Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang memberikan hadiah umarah untuk 44 Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi.
Pemko Padang Umrahkan 44 ASN Berprestasi dengan Dana Hibah
Langgam.id - Pencatutan identitas warga tanpa izin dan didaftarkan sebagai anggota Parpol marak terjadi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.
Komisioner KPU, ASN hingga PPNPN Terdaftar sebagai Anggota Parpol di Sumbar
Langgam.id - Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto menyorot kinerja ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) di daerah yang ia pimpin.
Sorot Kinerja ASN dan THL, Wabup Pasbar: Setiap Apel Begini-begini Saja, Tak Ada Perubahan