KPU Sumbar Hadapi 9 Gugatan Pemilu Legislatif

KPU Sumbar Hadapi 9 Gugatan Pemilu Legislatif

Gedung Mahkamah Konstitusi. (Foto: mkri.id)

Langgam.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat menghadapi sembilan gugatan pemilu legislatif 2019 untuk DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten dan kota.

Anggota KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, gugatan berasal dari PPP untuk DPRD Sumatera Barat Dapil Pariaman. Kemudian untuk DPR RI ada tiga, yakni dari Partai Berkarya untuk Dapil Sumbar 2, PDIP untuk DPR RI Dapil Sumbar 1, dan Partai Golkar yang belum jelas lokusnya.

"Jadi itu ada empat, selebihnya lima gugatan lagi ada di kabupaten kota di Sumbar." ujarnya.

Rincian gugatan untuk DPRD kabupaten dan kota, kata dia, dari PAN untuk DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Dapil Pesisir Selatan 2, Partai Demokrat untuk DPRD Sijunjung di Dapil 3, Partai PAN untuk DPRD Agam Dapil 4, Partai Nasdem untuk DPRD Padang Dapil 3, dan Partai Berkarya yang tidak jelas lokusnya.

Izwaryani mengatakan, yang dipermasalahkan partai politik adalah adanya selisih perolehan suara. Partai politik mengklaim suara mereka lebih banyak dari yang ditetapkan KPU Sumbar.

Ia menyebut, pada saat penetapan pleno oleh KPU di Padang beberapa waktu lalu, tidak ada pihak partai politik yang mempermasalahkan dan mengajukan keberatan apapun. Bagi partai politik yang mengklaim tentu saja mereka harus dapat membuktikan dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita tidak tahu mengapa begitu, mungkin mereka mendapatkan data baru dari lapangan. Saksinya dulu hadir dan tidak ada membawa persoalan waktu itu," katanya.

Untuk proses persidangan partai politik, Izwaryani mengatakan akan dicatat dalam Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) pada 1 Juli 2019 mendatang. Setelah itu MK akan memproses jadwal untuk melaksanakan persidangan.

"Selesai prosesnya nanti sekitar 30 hari kerja setelah BRPK, sekitar Agustus selesai, mepet-mepet lah dengan waktu pelantikan nanti," ujarnya. (Rahmadi)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
DCT DPRD Sumbar, PKB dan Gerindra Tak Penuhi Kuota 30 Persen Caleg Perempuan
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
KPU Sumbar Putuskan Eks Napi Korupsi Irman Gusman Tak Bisa Berlaga di Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat sudah mengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Sumbar Pemilu 2024.
KPU Umumkan DCS Anggota DPRD Sumbar, Publik Bisa Beri Masukan
Jelang Pemilu 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat telah merekapitulasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Ini 5 Kabupaten/Kota dengan Daftar Pemilih Tetap Terbanyak di Sumbar
KPU Sumatra Barat telah mengumumkan jumlah Daftar Pemilih Tetap pada Pemilu 2024 mendatang. Menariknya, dari lebih banyak pemilih perempuan
Daftar Pemilih Tetap Sumatra Barat Didominasi Perempuan
KPU Tetapkan DPT Nasional 204,8 Juta Orang, Pemilih di Sumbar 1,99 Persen dari Jumlah Itu
KPU Tetapkan DPT Nasional 204,8 Juta Orang, Pemilih di Sumbar 1,99 Persen dari Jumlah Itu