KPU Sumbar Coret 28 Nama Caleg

Kantor KPU Sumbar

Kantor KPU Sumbar (Foto: Rahmadi / Langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak 28 nama Calon Legislatif (Caleg) yang terdaftar sebagai peserta Pemilu 2019 dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat.

Nama mereka dicoret sebagai peserta Pemilu karena meninggal dunia, ada juga yang tidak memenuhi syarat.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan, 16 diantara 28 nama caleg dicoret, karena keanggotaannya dari Partai Politik (Parpol) dicabut. "Mereka tidak memenuhi syarat, karena partai mencabut keanggotaannya, tersebar di berbagai daerah di Sumbar," ujarnya kepada Langgam.id, Jumat (12/04/2019).

Selain itu, sembilan orang meninggal dunia. "Ada juga tiga orang terpidana, mereka sudah mendapatkan keputusan inkrah dari pengadilan," jelasnya.

Nama-nama yang docoret, kata Izwaryani, tetap ada dalam kertas surat suara. "Nama mereka dalam kertas surat suara ada, karena sudah dicetak terlebih dahulu," ungkapnya.

Menurut Izwaryani, 28 nama tersebut nantinya akan dimumumkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Kita akan umumkan nama-nama caleg yang telah dicoret tersebut, akan kita pasang pengumuman di masing-masing TPS," ucapnya.

Dikatakan Izwayarni, masih ada kemungkinan nama-nama caleg yang dicoret bertambah jelang hari pemungutan suara. "Kemungkinan akan bertambah, masih ada yang diproses di pengadilan, ada juga yang banding. Tapi, kita belum tahu, apakah prosesnya akan selesai sebelum hari pemilihan," ujarnya.

Jika masih ada yang mencoblos nama-nama caleg yang telah dicoret, suara mereka masuk ke partai pengusung. "Suaranya tetap sah untuk partai, akan kita umumkan juga nantinya," jelas Izwayarni.

Nama-nama yang docoret, terdiri dari dua orang di DPRD Provinsi, satu orang DPD RI dan selebihnya terdaftar sebagai caleg DPRD kabupaten/kota. (Rahmadi/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

KPU RI secara resmi melantik 106 komisioner di 20 provinsi. Termasuk melantik lima komisioner KPU Provinsi Sumbar periode 2023-2028.
5 Komisioner KPU Sumbar Terpilih Semuanya Laki-Laki, Ini Kata Aktivis Perempuan
Pakar Hukum Tata Negara Unand Charles Simabura menilai, terjadi menegasikan keterwakilan perempuan dalam penyelenggaraan pemilu oleh KPU RI,
Kata Pakar HTN Soal Tidak Adanya Keterwakilan Perempuan di KPU Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: KPU juga meminta agar Pemprov Sumbar menghibahkan tanah untuk membangun kantor KPU.
5 Anggota KPU Sumbar Terpilih Diumumkan, Nihil Keterwakilan Perempuan
Pakar Hukum Tata Negara Universitas Andalas (Unand), Charles Simabura menyebut tidak ada larangan untuk mantan narapida untuk ikut kontestasi pemilu. Menurutnya, mantan narapidana bisa mendaftar asalkan memenuhi beberapa syarat
Kata Pakar HTN Soal Mantan Napi Daftar Jadi Caleg
Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengatakan, Perindo menjadi partai terakhir yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU pada
17 Partai Daftarkan Bacaleg 2024, KPU Sumbar: Verifikasi Data 15 Mei Hingga 23 Juni
DPW Partai Gelora Sumbar mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Minggu (14/5/2023) malam
Partai Gelora Sumbar Targetkan Kadernya Duduk di Legislatif dan Eksekutif