KPU Sumbar Coret 28 Nama Caleg

Kantor KPU Sumbar

Kantor KPU Sumbar (Foto: Rahmadi / Langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak 28 nama Calon Legislatif (Caleg) yang terdaftar sebagai peserta Pemilu 2019 dicoret Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat.

Nama mereka dicoret sebagai peserta Pemilu karena meninggal dunia, ada juga yang tidak memenuhi syarat.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani menyebutkan, 16 diantara 28 nama caleg dicoret, karena keanggotaannya dari Partai Politik (Parpol) dicabut. "Mereka tidak memenuhi syarat, karena partai mencabut keanggotaannya, tersebar di berbagai daerah di Sumbar," ujarnya kepada Langgam.id, Jumat (12/04/2019).

Selain itu, sembilan orang meninggal dunia. "Ada juga tiga orang terpidana, mereka sudah mendapatkan keputusan inkrah dari pengadilan," jelasnya.

Nama-nama yang docoret, kata Izwaryani, tetap ada dalam kertas surat suara. "Nama mereka dalam kertas surat suara ada, karena sudah dicetak terlebih dahulu," ungkapnya.

Menurut Izwaryani, 28 nama tersebut nantinya akan dimumumkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Kita akan umumkan nama-nama caleg yang telah dicoret tersebut, akan kita pasang pengumuman di masing-masing TPS," ucapnya.

Dikatakan Izwayarni, masih ada kemungkinan nama-nama caleg yang dicoret bertambah jelang hari pemungutan suara. "Kemungkinan akan bertambah, masih ada yang diproses di pengadilan, ada juga yang banding. Tapi, kita belum tahu, apakah prosesnya akan selesai sebelum hari pemilihan," ujarnya.

Jika masih ada yang mencoblos nama-nama caleg yang telah dicoret, suara mereka masuk ke partai pengusung. "Suaranya tetap sah untuk partai, akan kita umumkan juga nantinya," jelas Izwayarni.

Nama-nama yang docoret, terdiri dari dua orang di DPRD Provinsi, satu orang DPD RI dan selebihnya terdaftar sebagai caleg DPRD kabupaten/kota. (Rahmadi/FZ)

Baca Juga

KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan bahwa tidak ada ada perubahan waktu terkait penyelenggaraan Pilkada
Pilkada Sumbar Dipastikan Nihil Calon Perseorangan
Tahapan seleksi calon Anggota KPU Kota Padang periode 2024-2029 sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya calon anggota KPU Kota Padang akan
10 Calon Anggota KPU Padang Bakal Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan 28 April 2024
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar