KPU Sumbar Ajukan Rp156 Miliar untuk Pilkada 2020

KPU Pilkada 2020

Kantor KPU Sumbar (Rahmadi/langgam.id)

Langgam.id - Setelah menyelesaikan proses Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat mulai fokus untuk persiapan Pilkada 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen, usai melakukan rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD provinsi Sumbar, di Hotel Mercure, Padang, Rabu, (14/8/2019).

"Seluruh rangkaian pemilu ini istilahnya tidak ada gading yg tidak retak. Adapun kesalahan akan menjadi evaluasi bagi KPU untuk mengadakan perbaikan-perbaikan, apalagi proses tahapan pilkada sudah dimulai karena semakin dekat," katanya.

Ia mengatakan Pilkada serentak akan dilakukan pada tanggal 23 September 2020. Pilkada di Sumbar untuk memilih gubernur dan 13 kepala daerah kabupaten dan kota.

Sekitar bulan September 2019 nanti KPU Sumbar sudah mulai memasuki tahapan menuju Pilkada 2020. Hal pertama dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia juga berharap kepada media masa menyampaikan kepada masyarakat untuk proses pilkada. Sosialisasi merupakan hal penting yang dilakukan bagaimana mengajak masyarakat dalam tahapan pilkada.

"Kita sudah mesti bertanggungjawab kepada publik, termasuk teman-teman media untuk menyampaikan persiapan proses pilkada kepada masyarakat," ujarnya.

Saat ini KPU masih dalam proses mengusulkan anggaran Pilkada kepada pemerintah provinsi Sumbar. KPU sudah mengusulkan Rp156 milIar. Anggaran tersebut akan segera diputuskan setelah dibahas bersama Pemprov dalam waktu dekat.

Anggaran digunakan seperti untuk persiapan, honor peserta, biaya kampanye, sosialisasi, dan logistik. Bagi kotak suara dan bilik pencoblosan yang masih layak akan tetal dipakai. Rencana itu sudah diajukan ke KPU RI untuk disetujui.

"Kita harapkan prinsip efisien dan efektif tetap kita pakai, kita pergunakan anggaran ini dengan penuh tanggungjawab," ucapnya.

Ia mengatakan anggaran Pilkada 2020 meningkat dibanding Pilkada 2015. Pada pilkada sebelumnya KPU Sumbar mengusulkan anggaran sebanyak 78 milyar dan terealisasi 78 milyar.

Ia berharap Pilkada 2020 nanti partisipasi masyarakat terus meningkat seperti saat pemilu 2019. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU