KPU Segera Cek Faktual Dukungan Calon Independen Pilgub Sumbar

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) akan melakukan pengecekan secara faktual syarat dukungan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang maju lewat jalur perseorangan atau independen.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan jika bakal calon independen berhasil memenuhi syarat dukungan, maka setelahnya akan dilakukan cek faktual pada 26 Maret hingga 15 April 2020.

Hingga saat ini, baru pasangan Fakhrizal-Genius Umar yang menyerahkan syarat dukungan berupa kartu tanda penduduk (KTP). Sementara sebelumnya juga ada pasangan Syamsu Jalal-Aldi Taher, namun belum mengkonfirmasi penyerahan syarat dukungan.

"Yang sudah ambil akun silon ada dua pasangan. Tapi satu lagi belum konfirmasi, besok kita tutup pendaftaran," katanya di Padang, Rabu (19/2/2020).

Dia mengatakan cek faktual nantinya akan ada petugas yang mendatangi satu persatu pemilik KTP ke alamat rumah masing-masing di 19 kabupaten dan kota di Sumbar. KPU akan mengecek apakah pemilik KTP benar-benar menyatakan dukungan kepada calon.

"Kami pertama datang temui pendukungnya ke alamat yang dituliskan. Kami cocokan datanya, lalu kami tanya apakah mendukung atau tidak, seluruhnya kami tanya," katanya.

Menurutnya, keputusan final yang menjadi bukti apakah benar seseorang memberikan dukungan atau tidak ada saat cek faktual di alamat masing-masing. Bukan saat penyerahan berkas dukungan. Sehingga dukungan bisa saja batal jika nanti tidak terbukti di lapangan.

Jika seandainya kurang di faktual, KPU akan memberikan waktu untuk memperbaikinya. Setelah itu seorang calon baru boleh mendaftar sebagai calon yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juni 2020 mendatang. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manadi mengatakan, pembayaran honor petugas KPPS
KPU Sumbar: Pembayaran Honor Petugas KPPS PSU DPD RI Paling Lambat 16 Juli 2024
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
PSU DPD RI, KPU Sumbar Mulai Distribusikan Kotak dan Surat Suara
Desain surat suara untuk PSU pada 13 Juli 2024 nanti sudah disetujui oleh 16 calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sumbar.
Desain Surat Suara PSU DPD RI Sumbar Sudah Disetujui, KPU: Segera Dikirim ke Percetakan
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
MK memerintahkan kepada KPU untuk melakukan PSU pemilihan umum calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Tahun 2024 Provinsi Sumatra Barat.
Raih Suara Terbanyak, Ini Tanggapan Cerint Irallozza Tasya Soal PSU Anggota DPD Sumbar
Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pemilihan calon anggota DPD di Sumbar
PSU DPD Sumbar Diulang Usai MK Kabulkan Gugatan Irman Gusman, Begini Respons KPU