Kijang Hamil dari Agam Dititipkan di Kebun Binatang Bukittinggi

Seekor Kijang ditangkap warga Kabupaten Agam. (BKSDA Agam)

Seekor Kijang ditangkap warga Kabupaten Agam. (Foto: BKSDA Agam)

Langgam.id-Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatra Barat menitip rawat kijang dengan nama latin Muntiacus muntjak ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi.

Pengendali Ekosistim Hutan BKSDA Agam, Ade Putra mengatakan kijang itu dititipkan karena sedang bunting dan akan melahirkan. Kijang sudah diantarkan sejak Sabtu (28/12/2019) setelah ditangkap sehari sebelumnya.

"Induk kijang itu kita antar ke TMSBK Kota Bukittinggi untuk titip rawat pada Sabtu lalu," katanya kepada langgam.id, Minggu (29/12/2019).

Ia mengatakan, induk kijang juga dalam kondisi lemas setelah terbentur pagar rumah warga di Durian Diaue, Jorong Pincuran Tujuh, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam

"Kepala kijang mengalami luka-luka setelah terbentur pagar di rumah warga," katanya.

Menurutnya, jika nanti induk kijang melahirkan, maka induk kijang beserta anaknya akan dirawat di TMSBK Bukittinggi sampai besar. Setelah besar baru kembali dilepasliarkan ke habitatnya di Cagar Alam Maninjau.

Rencana awalnya, petugas BKSDA Resor Agam akan melepasliar induk kijang itu ke Hutan Cagar Alam Maninjau, namun dengan pertimbangan salah satunya salam kondisi lemas itu, maka tidak jadi dilepasliarkan.

Kijang tersebut didapatkan petugas setelah diserahkan dari seorang warga Joni Arman (41) warga Durian Diaue, Jorong Pincuran Tujuh, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjungraya pada Jumat (27/12/2019).

Kijang itu ditangkap di halaman rumahnya. Hewan itu ditangkap saat tersesat dengan masuk ke halaman rumahnya.

Setelah tertangkap, Joni langsung menelepon Call Centre BKSDA Sumbar dan BKSDA Sumbar melaporkan ke BKSDA Resor Agam. Petugas BKSDA Resor Agam langsung menjemput ke lokasi pada hari itu. (Rahmadi/HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Perkuat Fungsi SM Tarusan Arau Hillir, BKSDA Sumbar dapat Bantuan Kamera dan GPS dari Semen Padang
Perkuat Fungsi SM Tarusan Arau Hillir, BKSDA Sumbar dapat Bantuan Kamera dan GPS dari Semen Padang
Langgam.id - Dua ekor kerbau milik warga dilaporkan diterkam Harimau Sumatra di Jorong Lubuk Gadang, Sangir, Kabupaten Solok Selatan.
Harimau Diduga Terkam 2 Ekor Kerbau di Sangir Solsel, Begini Cara BKSDA Sumbar Mengatasinya
Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan Mekar di Agam
Bunga Bangkai Raksasa Ditemukan Mekar di Agam
Langgam.id - BKSDA Sumbar berencana membangun landmark di salah satu tebing batu di kawasan Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.
BKSDA Sumbar Bakal Bangun Landmark di Salah Satu Tebing Batu di Lembah Harau
Kepala BKSDA: Sediakan Jalur Penyebrangan Satwa di Jalan Alternatif Malalak
Kepala BKSDA: Sediakan Jalur Penyebrangan Satwa di Jalan Alternatif Malalak