Jadi Syarat Umrah, Kemenkes Segera Distribusi Vaksin Miningitis

Langgam.id - Kementerian Kesehatan segera mendistribusikan Vaksin Miningitis ke sejumlah daerah, termasuk Sumatra Barat (Sumbar).

Irjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, Murti Utami. [Foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Kementerian Kesehatan segera mendistribusikan Vaksin Miningitis ke sejumlah daerah, termasuk Sumatra Barat (Sumbar). Vaksin ini sangat dibutuhkan karena menjadi syarat keberangkatan jemaah umrah.

"Jadi memang akan datang dalam minggu depan, ya. Insya Allah akan terpenuhi dan kami distribusikan minggu depan," ujar Irjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Murti Utami saat berada di Padang, Jumat (30/9/2022).

Murti mengaku tidak hapal secara rinci jumlah vaksin miningitis yang akan didistribusikan. Namun, yang jelas vaksin itu segera disebar ke masing-masing rumah sakit. "Kami bagikan ke teman-teman ke rumah sakit. Semuanya, tidak hanya Sumbar," ungkapnya.

Ia mengakui, Pemerintah Arab Saudi telah kembali membuka pelaksanaan umrah. Pihaknya tidak menyangka akan dibuka secepat itu. "Peminat untuk umrah juga sudah mulai banyak. Kami tidak memperhitungkan akan dibuka sedemikian cepat. Mudah-mudahan bisa kami atasi secepatnya," paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Padang, Ahmad Hidayat mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pelayanan bagi masyarakat mendapatkan vaksin miningitis secara online hingga Senin (3/10/2022).

"Untuk stok vaksin bagi pendaftar hingga Senin depan itu masih mencukupi. Seharinya kita distribusikan sebanyak 100 dosis. Pelayanan dibuka setiap hari," ujar Ahmad.

Baca juga: Hibah Tanah Seorang Perempuan Sederhana di Agam Berbuah Hadiah Umrah

Lalu, Ahmad menyebutkan, belum ada kendala terkait kesediaan vaksin. Nyatanya, hingga saat ini jemaah umrah yang sudah melakukan pendaftaran masih terlayani. "Tepi jika stok vaksin habis, akan dilakukan pengajuan kembali ke Kementerian Kesehatan RI," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat terjadinya kenaikan penumpang pada arus balik Lebaran 2024 pada 13 April 2024 (H+2) dan
H+4 dan H+5 Lebaran, Sekitar 6000 Pemudik Tinggalkan Sumbar Melalui BIM
Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15
Rute One Way Arus Balik Padang - Bukittinggi Berubah
Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang melakukan penutupan jalur alternatif Padang-Bukittinggi yang melewati Batu Palano bagi kendaran roda empat.
Hari Ini, Sistem One Way Padang-Bukittinggi Diberlakukan Lebih Cepat
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi