Inovasi Serai Wangi, Pasar Pusat Padang Panjang Ikuti Lomba Nasional Kenormalan Baru

Inovasi Serai Wangi, Pasar Pusat Padang Panjang Ikuti Lomba Nasional Kenormalan Baru

Pasar Pusat Padang Panjang. (Foto: Diskominfo Padang Panjang)

Langgam.id - Pasar Pusat Padang Panjang mewalili Sumatra Barat (Sumbar) dalam lomba inovasi kenormalan baru yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Lomba ini digelar Kemendagri untuk rencana pelaksanaan tatanan kenormalan baru yang produktif dan aman Covid-19.

Kepala Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang Arpan mengatakan, lomba tersebut diikuti seluruh daerah di Indonesia dengan 7 kategori. Yakni, pasar tradisional, pasar modern (mall, minimarket), restoran/rumah makan), hotel/penginapan, pelayanan terpadu satu pintu, tempat wisata dan transportasi umum.

Untuk pasar tradisional, Pasar Pusat Padang Panjang dipercaya Pemerintah Provinsi Sumbar mengikuti Lomba itu. "Pasar Pusat Padang Panjang satu satunya di Sumbar yang ditunjuk mengikuti lomba ini," kata Arpan, Jumat (5/6/2020), sebagaimana dirilis Diskominfo Padang Panjang.

Salah satu inovasi yang dikembangkan di pasar ini, kata Arpan, adalah pemanfaatan limbah serai wangi sebagai disinfektan. Inovasi ini dari Dinas Perindag Provinsi Sumbar yang dikembangkan Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang.

Baca juga : Kabar Baik, Seluruh Pasien Covid-19 di Padang Panjang Dinyatakan Sembuh

Selain itu, Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang juga akan mengembangkan inovasi agar penjual dan pembeli tidak bersentuhan langsung saat bertransaksi. "Menggunakan alat kantong yang disodorkan kepada pembeli oleh pedagang. Kemudian baik pembeli dan pedagang menggunakan sarung tangan."

Lomba inovasi daerah berbentuk pembuatan video simulasi riil New Normal Life pada objek/lokasi.

Baca juga : Sejumlah Kelurahan di Padang Panjang Bersiap Menuju Kenormalan Baru

Jadwal pelaksanaan lomba berlangsung dari 1-8 Juni 2020​ ​​​dengan proses pembuatan dan pengiriman video ke Kemendagri. Kemudian, pada 9-12 Juni 2020​​​​ dilakukan penilaian. Pada 15 Juni 2020​​​​ Kemendagri akan mengumumkan para pemenang. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

makanan tidak dikonsumsi mentah
Harga Telur Ayam Terus Naik di Padang Panjang
Wako Padang Panjang Minta Pembangunan NICU RSUD Rampung Sesuai Target
Wako Padang Panjang Minta Pembangunan NICU RSUD Rampung Sesuai Target
Sebanyak 20 formasi PPPK Kota Padang Panjang tidak terisi. Sementara itu ada 48 formasi PPPK yang dibuka oleh Pemko Padang Panjang.
Seleksi PPPK Padang Panjang: 20 Formasi Tak Terisi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Panjang menjadwalkan pengajuan bakal calon (Balon) Anggota DPRD pada 1-14 Mei mendatang.
KPU Padang Panjang Jadwalkan Pengajuan Balon Anggota DPRD 1-14 Mei
Pemko Sediakan 2 Bus NPM untuk Mudik Gratis 75 Mahasiswa Asal Padang Panjang
Pemko Sediakan 2 Bus NPM untuk Mudik Gratis 75 Mahasiswa Asal Padang Panjang
Tinjau Pasar Kuliner, Wagub Nilai Padang Panjang Cocok Kembangkan Produk Olahan
Tinjau Pasar Kuliner, Wagub Nilai Padang Panjang Cocok Kembangkan Produk Olahan