H-3 Lebaran, Penumpang Lewat BIM Turun 38,14 Persen

cuti bersama, mudik bansos

Pemudik ramai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada H-3 Lebaran atau Minggu, 2 Juni 2019. (Foto: Humas BIM)

Langgam.id – Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatra Barat mengakui penumpang bandara tersebut selama arus mudik tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Executive General Manager BIM Dwi Ananda Wicaksana mengatakan sejak adanya kenaikan harga tiket pesawat pada penghujung tahun lalu, terjadi penurunan penumpang secara signifikan hingga sekitar 30 persen.

“Termasuk untuk angkutan Lebaran, kalau dibandingkan tahun lalu menurun. H-3 dibandingkan tahun lalu turun 38 persen,” katanya, Senin (3/6/2019).

Penurunan itu juga sejalan dengan penambahan pesawat atau extra flight di masa mudik, yaitu hanya dua penerbangan dari tahun lalu mencapao 15 penerbangan dalam satu hari.

Lebih lanjut, Humas BIM Fendrick Sondra memaparkan jumlah penumpang dalam negeri yang datang (arrival) ke Padang pada H-3 Lebaran atau Minggu (2/6/2019) sebanyak 6.244 orang dan berangkat sebanyak 2.001 dengan total penumpang 8.245 orang dari 74 penerbangan.

Jumlah itu jauh lebih rendah dari tahun lalu, yang mencapai total 13.861 penumpang dari 93 penerbangan. Terdiri dari 8.960 penumpang datang dan 4.901 penumpang berangkat (departure).

PT AP II cabang BIM melayani pebernangan domestik dari Jakarta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Halim Perdanakusuma, Medan, Batam, Jambi, Gunung Sitoli, Bengkulu, Palembang, Pekanbaru, Bandung, dan Yogyakarta.

Adapun, rute internasional yang melayani penerbangan Padang – Kuala Lumpur pada H-3 Lebaran tahun ini tercatat total jumlah penumpang baik penerbangan kedatangan maupun keberangkatan mencapai 819 penumpang dari 6 penerbangan.

Jumlah itu justru sedikit mengalami peningkatan dari tahun lalu yang hanya 792 penumpang dari 6 penerbangan.

“Totalnya, jumlah penumpang mengalami penurunan 38,14 persen dari H-3 tahun lalu. Dan pergerakan pesawat juga turun 19,19 persen,” ujar Fendrick.

 

 

Baca Juga

BPS mencatat, kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar melalui pintu masuk BIM pada Desember 2023 sebanyak 6.710 kunjungan.
BIM Layani 2,4 Juta Penumpang Selama 2023, Naik 27 Persen
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi
Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatra Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM)
Bandara Minangkabau Tutup Akibat Erupsi Gunung Marapi, 29 Penerbangan Terganggu
Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui pintu masuk BIM pada Mei 2023 ada sebanyak 4.624 kunjungan.
Bandara Internasional Minangkabau Sumbar Kembali Ditutup Akibat Abu Vulkanik Gunung Marapi
Gunung Marapi di Sumatra Barat (Sumbar) kembali mengalami erupsi pada Jumat (22/12/2023) sekitar pukul 12.19 WIB. Lontaran abu vulkanik cukup tinggi, namun kolom
Dampak Erupsi Gunung Marapi, BIM Ditutup hingga Pukul 22.00 WIB