H-2 Lebaran: Pemudik Lewat BIM Turun Hampir Setengah Jumlah Tahun Lalu

cuti bersama, mudik bansos

Pemudik ramai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada H-3 Lebaran atau Minggu, 2 Juni 2019. (Foto: Humas BIM)

Langgam.id – Manajemen PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatra Barat mencatat terjadi penurunan signifikan jumlah pengguna bandara tersebut pada H-2 Lebaran atau Senin (3/6/2019).

Executive General Manager BIM Dwi Ananda Wicaksana menyebutkan terjadi penurunan jumlah penumpang maupun jumlah pesawat saat arus mudik tahun ini, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bahkan, kenaikan tiket pesawat menyebabkan banyak penumpang beralih memilih menggunakan jasa transportasi darat. Imbasnya, jumlah penumpang di bandara itu turun drastis.

“H-2 Lebaran total jumlah penumpang turun 42,63 persen dan jumlah pergerakan pesawat turun 18,56 persen,” katanya, Selasa (4/6/2019).

Jumlah penumpang yang menggunakan jasa bandara pada H-2 Lebaran kali ini disebut turun hampir setengah dari jumlah penumpang pada periode yang sama tahun lalu.

Adapun, AP II cabang BIM mencatat jumlah penumpang kedatangan (arrival) tahun ini untuk penerbangan domestik sebanyak 5.626 orang dengan 36 penerbangan, sedangkan penumpang berangkat (departure) sebanyak 2.011 orang dengan 37 penerbangan, atau totalnya sebanyak 7.637 orang melalui 73 penerbangan.

Sementara itu, tahun lalu, jumlah penumpang domestik pada H-2 Lebaran untuk kedatangan mencapai 8.949 orang dengan 46 penerbangan dan penumpang berangkat sebanyak 4.775 orang dengan 45 penerbangan, atau totalnya mencapai 13.724 orang dengan 91 penerbangan.

Humas BIM Fendrick Sondra mengatakan meski tidak signifikan, rute internasional juga mengalami sedikit penurunan yakni dari 889 orang penumpang tahun lalu, menjadi 747 orang penumpang.

“Internasional stabil, penurunan dratis di rute domestik karena dipengaruhi harga tiket yang mahal ini,” katanya.

PT AP II cabang BIM melayani pebernangan domestik dari Jakarta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta Halim Perdanakusuma, Medan, Batam, Jambi, Gunung Sitoli, Bengkulu, Palembang, Pekanbaru, Bandung, dan Yogyakarta. Serta rute internasional Padang – Kuala Lumpur.

Baca Juga

Kepala Kantor Lion Group Padang, Eko Pujianto membeberkan kronologi salah satu penumpang pesawat Super Jet Air rute Padang-Kualanamu
Ini Kronologi Penumpang Super Air Jet Bercanda Bawa Bom
Salah seorang penumpang maskapai penerbangan Super Air Jet tujuan Padang-Kualanamu bercanda dengan mengaku membawa bom
Penumpang Super Air Jet Tujuan Kualanamu Diamankan di BIM Usai Bercanda Bawa Bom
Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu mencapai 56.645 orang. Jumlah jauh meningkat
BIM Layani 2,4 Juta Penumpang Selama 2023, Naik 27 Persen
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi
Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumatra Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM)
Bandara Minangkabau Tutup Akibat Erupsi Gunung Marapi, 29 Penerbangan Terganggu