DLH Agam Ajak Pelajar Peduli Lingkungan Lewat Lomba Lukis dan Cipta Puisi

DLH Agam Ajak Pelajar Peduli Lingkungan Lewat Lomba Lukis dan Cipta Puisi

Lomba melukis yang digelar DLH Kabupaten Agam dengan tema 'Penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam' (Foto: MC Kab. Agam)

Langgam.id -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam mengajak pelajar di daerah itu agar peduli terhadap lingkungan, salah satu caranya dengan menggelar lomba melukis serta cipta puisi dengan tema ‘Penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam’.

Lomba tersebut digelar di Hotel Nuansa, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Selasa (5/11/2019).

Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan DLH, karena tema yang diangkat sesuai program strategis daerah yaitu penyelamatan Danau Maninjau dan Batang Agam.

“Ini salah satu upaya untuk mendidik anak agar peduli terhadap lingkungan,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Selasa (5/11/2019) siang.

Dikatakannya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendidik anak agar peduli, empati, mencintai dan ikut terlibat menjaga lingkungan.

“Kita menyambut baik pelaksanaan lomba, karena lokasi dan objeknya sudah tepat, seperti Danau Maninjau dan Batang Agam. Sebab kedua objek ini banyak persoalan, terutama ketercemaran,” ungkap Indra.

Danau Maninjau, kata Indra, dahulunya merupakan danau yang indah, bahkan masuk lima danau terindah di dunia. Namun seiring berjalannya waktu, danau yang menjadi kebangaan orang Agam itu sudah tercemar akibat aktivitas budidaya ikan dengan Keramba Jaring Apung (KJA).

“Untuk mengurus itu (strelisasi danau) akan menghabiskan anggaran sebesar Rp1,3 miliar. Ini kerugian yang sangat besar bagi masyarakat akibat tercemarnya danau tersebut,” ucapnya.

Sementata itu, Kepala DLH Kabupaten Agam, Hamdi menyebutkan, lomba melukis diikuti murid SD sebanyak 32 orang dari 16 kecamatan, cipta baca puisi siswa SMP 32 orang, berasal dari delapan kecamatan yang berada di kawasan Danau Maninjau dan Batang Agam.

Kemudian, lomba foto handphone tingkat SMA se-Agam diikuti 221 orang, yang telah dimulai beberapa hari lalu.

“Masing-masing kategori lomba disediakan hadiah untuk juara I Rp7,5 juta, juara II Rp5 juta dan juara III Rp2,5 juta. Bagi pemenang hadiahnya bakal diserahkan bersamaan dengan penyerahan hadiah TdS etape V di Ambun Pagi,” ujarnya. (*/ZE)

Baca Juga

Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam
Minta Pengusaha Bayarkan THR, Disnakerin Padang Buka Posko Pengaduan
Pemkab Agam Masih Kaji THR untuk THL
Rotasi dan Promosi 117 Pejabat Agam Jelang Pilkada 2024
Rotasi dan Promosi 117 Pejabat Agam Jelang Pilkada 2024