Bulan Depan, Keramba Danau Maninjau Mulai Diangkat

Menolak Isolasi Diri Tiba di Kampung, Perantau Sumatra Barat Sumbar Bisa Dipolisikan

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barar (Sumbar) berencana melakukan pengangkatan keramba yang tersebar di sepanjang Danau Maninjau, Kabupaten Agam. Pengangkatan keramba ke daratan itu akan dimulai September 2019 dan diperkirakan selesai 2020 mendatang.

Pengangkatan keramba ini telah dibahas Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Pemkab Agam dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di ruang rapat kantor Gubernur Sumbar, Kamis (22/8/2019).

“Jumlah keramba yang akan diangkat menyesuaikan anggaran yang telah disediakan Pemkab Agam sebesar Rp500 juta. Pengangkatan ini juga akan dibantu TNI,” ujarnya.

Menurut Nasrul, prioritas pengangkatan tahap awal ini untuk keramba yang dimiliki pengusaha besar. Setelah itu baru keramba milik perorangan.

“Kami sedang mencarikan alternatif mata pencaharian yang lain bagi pemilik keramba perorangan,” katanya.

Terkait mata pencarian baru untuk warga yang keramba ditertibkan ini akan segera dilaporkan Pemprov Sumbar ke pemerintah pusat. Bahkan, LIPI mengaku siap membantu untuk memberikan pelatihan-pelatihan sektor ekonomi lain.

Soal mata pencarian setelah tidak lagi memiliki keramba ini, sebelumnya juga telah dibahas Pempro, Pemkab Agam bersama LIPI di kantor Bupati Agam, Selasa (8/4/2019) lalu.

“Saat ini, jumlah keramba di Danau Maninjau diperkirakan mencapai 17.000. Sedangkan daya tampung hanya 6.000 keramba,” tuturnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam