Diduga Terlibat Pungli, 2 Pria di Pasar Raya Padang Ditangkap Polisi

Kriminal, ibu rumah tangga, pengedar ganja, bandar narkoba, aborsi padang, sabu kuli, bandar narkoba sabu, menghisap sabu

Ilustrasi Penangkapan (Foto: 4711018/pixabay.com)

Langgam.idKepolisian Resort Kota (Pelresta) Padang menangkap 2 orang yang diduga terlibat pungutan liar atau pungli di kawasan Pasar Raya Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Minggu (20/9/2020). Mereka adalah AJ (42) dan IT (31).

Kedua pria tersebut ditangkap ketika anggota Polresta Padang patroli. Terduga pelaku AJ ditangkap di Simpang Mulai, sementara IT di kawasan Air Mancur, Pasar Raya Padang. Ketika akan ditangkap, 1 di antara kedua pelaku sempat kabur.

Kapolresta Padang AKBP Imran Amir menyebutkan, penertiban para terduga pelaku pungli ini dilakukan sebagai salah satu upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Baca Juga: Resahkan Masyarakat, Belasan Preman di Pasar Raya Padang Diringkus Polisi

"Preman-preman ini sering memeras di kawasan Pasar Raya Padang. Sasarannya pengemudi Angkutan kota (Angkot) dan juga masyarakat yang memiliki mobil pribadi," ujarnya kepada awak media, Minggu (20/9/2020).

Menurut Imran, beragam modus mereka lakukan untuk pungli tersebut, di antaranya dengan menggunakan pengharum ruangan yang disemprotkan ke dalam mobil, kemudian mereka meminta sejumlah uang kepada pengemudi.

Lalu, mereka juga menjual makanan serta minuman, kemudian mereka memaksa pengemudi angkot atau mobil pribadi untuk membeli. Mereka juga memberikan harga yang tinggi untuk makanan dan minuman yang dijual tersebut.

"Masyarakat yang merasa resah dengan ulah 'preman tukang palak' ini akhirnya melaporkan ke kami. Laporan itu langsung kami respon dengan melakukan penindakan," ungkap Imran.

Diketahui, sejak beberapa hari belakangan, Polresta Padang telah menertibkan sejumlah terduga pelaku pungli di Pasar Raya. Hingga saat ini sudah belasan pelaku ditangkap polisi.

Baca Juga: Sering Peras Sopir Angkot, 4 Preman Pasar Raya Padang Ditangkap Polisi

Dari belasan terduga pelaku itu, juga ada beberapa orang di antaranya yang merupakan residivis atau mantan narapidana yang terlibat beragam kasus, mulai dari copet, jambret hingga penganiyaan.

Diketahui sebelumnya, Senin (14/9/2020) sebanyak 13 preman di Kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang diamankan polisi, belasan preman itu diduga terlibat pungli hingga parkir liar. Lalu, Rabu (16/9/2020) juga diamankan sebanyak 4 orang di Kawasan Pasar Raya Padang, mereka juga diduga terlibat pungli. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Kebakaran hebat melanda kawasan Blok A Pasar Raya Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (7/5) sekitar pukul 13.44 WIB. Kobaran api masih
Blok A Pasar Raya Padang Terbakar, Api Berkobar Hebat
Ambulans Tabrak Anggota Polisi yang Bubarkan Tawuran di Padang, Sopir Ternyata Mabuk
Ambulans Tabrak Anggota Polisi yang Bubarkan Tawuran di Padang, Sopir Ternyata Mabuk
72 Kendaraan Balap Liar Diamankan, Polresta Padang Beri Peringatan Keras
72 Kendaraan Balap Liar Diamankan, Polresta Padang Beri Peringatan Keras
Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap memimpin kegiatan serah terima jabatan Kapolsek Padang Utara, Selasa (19/3/2024) di Lapangan.
Kapolsek Padang Utara Berganti, Kini Dijabat AKP Rommy Kurnia Putra
SIM keliling Polresta Padang aktif kembali. Aktifnya kembali pelayanan SIM keliling ini diinformasikan Satlantas Polresta di postingan
SIM Keliling Polresta Padang Aktif Kembali, Ini Jadwal Pelayanannya
Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Kerap Beraksi di Kampus UNP, Komplotan Pencuri Motor Ditangkap Polisi